Selasa, 09 Agustus 2016

Bagaimana Ingatan Tersimpan di Otak ?

Bagaimana Ingatan Tersimpan di Otak ?

Ingatan mendasari kekayaan kehidupan manusia. Sulit dipercaya semua hal itu bergantung pada daging dan bahan pekat di antara telinga. Beberapa tahun terakhir, peneliti mampu melacak memori ke struktural, bahkan tingkat molekul. Hal ini menunjukkan ingatan tersimpan di seluruh struktur otak antar neuron.

Menurut McGill University dan Mental Health and Addiction Canadian Institute of Neurosciences, terdapat dua cara otak menyimpan ingatan. Ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang. Ingatan jangka pendek akan diterjemahkan ke dalam ingatan jangka panjang di hippocampus, daerah otak yang lebih dalam.

Menurut McGill, ingatan diputar kembali melalui hippocampus yang merupakan hubungan antarneuron. Akibatnya, jika Anda mendengar musik misalnya, maka akan dibanjiri ingatan lain. Dalam scan otak, ilmuwan melihat berbagai daerah otak bercahaya ketika seseorang sedang mengingat. Hal ini menunjukkan ingatan merepresentasikan suatu indeks rekaman sensasi dan pikiran yang berbeda. Hippocampus akan membantu memperkuat pola koneksi yang membentuk ingatan, namun ingatan itu sendiri tergantung pada kekuatan koneksi antarsel otak individu.

Saat melakukan percobaan, para ilmuwan NYU, Medical College of Georgia membuktikan bahwa menghapus atau mengubah satu molekul kimia dapat mencegah pembentukan ingatan, bahkan menghancurkan ingatan yang sudah ada.

Rabu, 10 April 2013

Inilah Gaya Wanita Yang Memikat Pria !

Ilmuwan menemukan rahasia merayu seorang perempuan. Pria tidak bisa mengalihkan perhatian dari Anda jika memiringkan kepala di posisi yang tepat. Rahasia daya tarik perempuan ternyata terletak dari kemiringan kepala seorang perempuan. Penelitian menunjukkan bahwa kita dapat membuat diri tampak lebih menarik hanya dengan menggeser posisi wajah dengan tepat. Perempuan dinilai lebih memikat jika mereka menaruh kepala cenderung ke depan dan menengok sedikit ke atas. Sebaliknya, laki-laki lebih maskulin jika mereka memundurkan kepala dan sedikit menengok ke bawah menuju arah hidung.

Berdasarkan keterangan tim peneliti hubungan lawan jenis Dr. Darren Burke dan Dr. Danielle Sulikowski, ini menunjukkan perbedaan posisi antara perempuan dan pria. Dr. Burke yang juga dosen psikologi di University of Newcastle Australia mengatakan bahwa nilai menarik suatu wajah dari perspektif evolusi telah dipelajari terus menerus oleh para ahli. Meskipun pengaruh fitur feminin dan maskulin telah diamati sejak lama, namun ada kesenjangan informasi soal maskulinitas dan feminitas terkait fitur wajah.

Ilmuwan meminta para relawan memberi penilaian dari model 3 D komputer di berbagai posisi wajah. Dr Sulikowski mengatakan dalam jurnal ilmiah Evolutionary Psychology , temuan tersebut menawarkan beberapa petunjuk untuk membantu mengungkap misteri ritual suatu hubungan. "Temuan-temuan ini berkontribusi besar terhadap pemahaman kita tentang peran daya tarik wajah dalam evolusi."

Rabu, 03 April 2013

Peneliti Temukan Cara Ampuh Kalahkan Buaya !

BUAYA ternyata dapat dikalahkan dengan ampuh, hanya menggunakan magnet yang ditempelkan pada kepalanya dengan pita elektrik. Hasilnya, sistem navigasi mereka terganggu dan mereka tidak mengetahui asal habitat mereka. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan para peneliti di selatan Florida yang memang banyak dihuni oleh buaya liar.

Seperti diketahui, buaya memiliki indra yang sangat kuat untuk menentukan arah dan lokasi di mana mereka berada. Meski mereka ditangkap dan dibawa pergi jauh dari habitat mereka, buaya punya insting yang mampu membawa mereka kembali ke tempat dari mana mereka berasal. Kemampuan ini dimungkinkan oleh sistem navigasi magnetik yang ada di dalam tubuh buaya. Dan inilah yang dimanfaatkan oleh para peneliti.

Pasalnya, sangat mudah untuk mengacaukan apapun yang terkait dengan mangnet di dunia ini. Peneliti Florida tersebut kemudian mencoba untuk mengganggu indra navigasi buaya. Mereka memasang magnet ke kepala buaya dengan pita elektrik lalu membawanya pergi. Dan setiba di tempat tujuan, peneliti melepas magnet tersebut. Ternyata, pemasangan magnet di kepala buaya sangat efektif dalam mengganggu indra penunjuk arah mereka. Buaya- buaya yang diuji coba tersebut umumnya tidak mampu kembali ke habitat mereka setelah ditempeli magnet. Ternyata, cara kerja indra navigasi buaya serupa dengan kaset. Tempelkan magnet, hilang semua memori.

Selasa, 02 April 2013

Wanita Perokok Berisiko Lahirkan Anak Nakal !

KEBIASAAN merokok pada wanita yang sedang hamil tak hanya membahayakan kesehatan. Tapi juga berisiko bagi perkembangan anak. Seorang ibu hamil yang menghabiskan sebungkus rokok per hari saat hamil berisiko melahirkan anak-anak yang di masa depan bisa terlibat kriminalitas. Demikian dilansir Straits Times, Selasa (16/11/2010).

Boleh percaya, boleh tidak. menurut penelitian yang dilakukan oleh Angela Paradis dari Harvard School of Public Health, anak yang dilahirkan ibu perokok sangat terhubung dengan kesehatan mental. Peneliti melihat, tak hanya anak laki-laki, tapi bila yang dilahirkan anak perempuan, maka perkembangannya pun bisa terganggu.

Penelitian dilakukan dengan menganalisa data catatan kriminal dan rekaman kesehatan dari 4.000 warga Amerika berusia 33 hingga 40 tahun. Penelitian juga mencatat data mengenai kebiasaan merokok dari ibu, yang terdaftar dalam studi antara 1959 hingga 1966. 30 persen anak-anak yang ibunya merokok sedikitnya 20 batang rokok lebih dekat dengan catatan kriminal.

Kamis, 28 Maret 2013

Terlalu Banyak Berkhayal Bikin Tidak Bahagia !

TERLALU sering bermimpi atau kebanyakan berkhayal yang indah ternyata mampu menimbulkan perasaan tidak bahagia bagi seseorang. Sebuah studi yang dilakukan di AS menyimpulkan jika seseorang menghabiskan setengah waktu mereka untuk memikirkan berada di tempat lain, atau melakukan suatu hal yang lain ketimbang fokus pada pekerjaan yang sekarang sedang dilakukan, dipastikan aktivitas ini akan membuat pikiran melayang dan akhirnya tidak bahagia.

"Pikiran manusia adalah pikiran yang mengembara, berkeliaran kemana-mana. Pikiran yang berkeliaran itu adalah pikiran yang tidak bahagia," ujar Psikolog dari Harvar University, Matthew Killingsworth and Daniel Gilbert, seperti dikutip melalui Straits Times, Jumat (12/11/2010).

Menurut kedua psikolog tersebut, kemampuan untuk berpikir mengenai apa yang tidak terjadi saat ini merupakan prestasi kognitif yang harus dibayar dengan perubahan emosi. Studi tersebut melibatkan sekira 2.250 orang responden melalui sebuah aplikasi di iPhone. Responden tersebut akan dihubungi dalam interval waktu yang acak untuk menanyakan apakah mereka bahagia, apa yang sedang mereka lakukan, apakah mereka memikirkan aktivitas yang sedang dikerjakan atau suatu hal lain yang bisa membuat mereka bahagia, biasa saja atau tidak senang.

Ketika hasil dihitung, kebanyakan responden menjawab jika sekira 46 ,9 persen pikiran mereka telah dihabiskan untuk berkhayal. Para responden juga mengatakan jika mereka merasa sangat bahagia ketika sedang berhubungan seks, berolahraga, atau berbincang dengan orang lain. Kemudian mereka juga mengatakan jika saat-saat paling tidak bahagia adalah ketika mereka menggunakan komputer di rumah, sedang beristirahat atau sedang bekerja.

Senin, 25 Maret 2013

Taruh Magnet Dekat Otak Bisa Bikin Kidal !

MENARUH magnet di dekat kepala ternyata dapat mengubah Anda menjadi kidal. Ilmuwan membuktikan kinerja tangan kiri bisa seaktif tangan kanan. Dalam sebuah studi eksperimental tidak biasa, ilmuwan menggunakan ladang magnetis yang sangat kuat untuk menciptakan kebingungan pada otak koresponden sekaligus mengubah kinerja tangan mereka.

Ilmuwan di University of California, Berkeley, melakukan studi pada koresponden yang bekerja secara aktif menggunakan tangan kanan. Mereka diminta untuk menjangkau suatu objek menggunakan tangan kiri saat diberikan medan elektromagentik. Magnet tersebut ditaruh di bagian kecil tengkorak yang menciptakan gelombang aneh yang mengganggu kinerja otak. Magnet ditaruh di sisi kanan dan kiri korteks parietal posterior. Ini merupakan sistem yang mempengaruhi keputusan kerja dan perencanaan terhadap objek tiga dimensi.

Saat magnet ditaruh di sisi kiri otak, koresponden ternyata menggunakan tangan kiri lebih sering dibandingkan tanpa pengaruh magnet. Namun, saat menaruh medan magnet di sisi kanan, fenomena ini tidak terjadi. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences . "Kami tidak mencari tahu soal fungsi tangan tapi pemilihan kerja tangan. Kami menemukan bahwa orang dapat dipengaruhi untuk menggunakan tangan kiri lebih sering lewat stimulasi otak," kata pemimpin studi ini, Dr Flavio Oliveira.

Sebelumnya, di awal tahun ini, ilmuwan menemukan 'kompas moral' pada otak yang dapat mengontrol kita memandang perilaku lain. Dalam suatu eksperimen, ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology, mampu menggunakan medan magnet kuat untuk mempengaruhi kinerja otak dan membuat seseorang menjadi kurang bermoral. Studi ini menegaskan pemahaman salah dan benar seseorang tidak hanya dipengaruhi agama dan filosofi, tetapi juga kondisi biologis otak.

Kamis, 14 Maret 2013

Air Murni Terbaik Ternyata Ada di Kaktus !



PENELITI University of South Florida menemukan air murni terbaik ada di pir kaktus berduri. Penghuni gurun ini sangat efektif dalam memindahkan sedimen dan bakteri dari air kotor dan berita baiknya tumbuhan ini bisa hidup di seluruh dunia. Penelitian ini bukan yang pertama mendapati kemampuan tumbuhan kaktus itu. Komunitas Meksiko pada abad 19 menggunakan kaktus sebagai perangkat untuk memurnikan air. Lapisan getah yang tebal pada kaktus yang menyimpan air, adalah bagian yang bertanggung jawab untuk memurnikan air tersebut.

Peneliti kemudian menyarikan getah dan menambahkan ke dalam air yang kotor karena sedimen dan bakteri. Getah mengakibatkan sedimen dan bakteri bergabung, kemudian mengendap di bagian bawah dan memisahkan 98 % bakteri di dalam air. Peneliti melihat komunitas di negara berkembang menggunakan kaktus di kehidupan sehari-hari mereka. Mereka biasa merebus sepotong kaktus untuk mendapatkan getah kemudian menambahkan getah tersebut ke dalam air, sama seperti yang dilakukan para peneliti. Namun masih ada rintangan yang harus diatasi. Sumber daya yang perlu dipersiapkan untuk mengembangkan penyebaran kaktus dan bagaimana meyakinkan masyarakat bahwa air yang telah disaring ini benar-benar bebas bakteri. Jika beberapa masalah ini dapat dipecahkan, maka air yang murah dan bersih dapat dijangkau jutaan orang yang kekurangan sumber daya alam ini.

Jumat, 08 Maret 2013

Tahukah Anda Mengapa Kucing Tidak Bisa Jatuh Terbalik ?



ANDA mungkin pernah lihat kucing yang jatuh dari tempat tinggi kemudian membalik tubuhnya dan bisa mendarat dengan mulus dan tidak mengalami cedera. Kenapa bisa?

Hal ini terjadi karena kucing (dan beberapa hewan lain) punya sistem keseimbangan dan koordinasi yang luar biasa. Sistem inilah yang membuat kucing, ketika jatuh, akan menyadari dalam posisi apa dia jatuh. Kalau dia jatuh dalam posisi terbalik, dia akan segera memutar tubuh sehingga kakinya berada di sebelah bawah, dan bersiap untuk mendarat. Mendaratnya juga tidak asal meregangkan kaki. Kalau manusia jatuh dari tempat tinggi dengan kaki ke bawah, biasanya pasti patah kan. Kalau kucing pinter, mereka setelah memutar kaki ke bawah, segera meregangkan kakinya sehingga angin menahan jatuh tubuhnya. Dan saat bersentuhan dengan tanah, kakinya langsung ditekuk supaya mengecilkan efek jatuhnya.

Rekor tertinggi pernah mencatat bahwa kucing pernah jatuh dari ketinggian lantai 46 tingkat (walaupun sambil jatuh dia sempat mantul-mantul ke kanopi) dan tetap bisa bangun dan berjalan dengan agak terpincang, luar biasa kan. Kalau manusia kemungki mati tuh. Tapi penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kucing jatuh, makin banyak tulangnya yang patah. Itu bisa terjadi hanya jika ia terjatuh minimal dari batas lantai 5 tingkat saja. Lebih dari itu, jumlah tulang kucing yang patah menurun drastis, apalagi kalo semakin tinggi.

Nah rahasianya adalah, kucing (dan beberapa hewan lainnya) punya apa yang disebut dengan terminal velocity, yaitu kecepatan jatuh maksimum yaitu 60 mil perjam. Saat kucing jatuh, sesuai hukum fisika, kecepatan jatuh si kucing makin bertambah. Ternyata, saat kecepatan jatuh kucing mencapai terminal velocity, di saat itulah kucing merasa paling rileks dan nyaman. Maka dia mulai meregangkan kakinya seperti bajing loncat untuk mengurangi efek jatuhnya. Nah itulah sebabnya makin tinggi dia jatuh, makin ada kesempatan untuk dia merasa rileks. Itu juga sebabnya kalau dijatuhin dari tempat yang rendah, dia tidak sempat ngerasa rileks. Makanya jatuhnya lebih berasa.

Selasa, 05 Maret 2013

Ternyata Tidur Siang Dapat Tingkatkan Kepintaran!



TAKUT menghadapi ujian nasional? Cobalah tidur siang hari. Studi menemukan tidur siang mampu menyegarkan kemampuan otak untuk belajar. Meski temuan itu masih pendahuluan, tapi penelitian baru itu menimbulkan prospek bahwa tidur, terutama tidur siang yang panjang, menyiapkan otak untuk mengingat sesuatu. Hal itu seperti me-reboot komputer agar bekerja lebih lancar.

"Tidur tidak hanya untuk tubuh. Itu juga berguna untuk otak," kata penulis studi Matius Walker, seorang asisten profesor di University of California di Berkeley. Walker dan rekan-rekannya membagi 39 orang dewasa muda menjadi dua kelompok. Pada tengah hari, semua peserta mengambil bagian dalam latihan memori yang diperlukan untuk mengingat wajah dan menghubungkan dengan nama-nama. Kemudian para peneliti mempelajari latihan memori lain di jam 6 sore, setelah 20 orang tidur selama 100 menit. Mereka yang tetap terjaga mengerjakan tes 10 persen lebih buruk daripada mereka yang tidur, kata Walker. Kemampuan orang untuk belajar menurun sekitar 10 persen siang hari hingga jam 6 sore, tapi tidur dapat meniadakan penurunan itu.

Struktur studi menunjukkan bahwa fase tidur non-bermimpi mampu meningkatkan memori, katanya. "Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa tidur memainkan peran penting dalam pengolahan kenangan," katanya. "Ini memberikan lebih banyak bukti bukan hanya penting untuk tidur setelah belajar, tetapi Anda juga memerlukannya sebelum belajar untuk mempersiapkan otak meletakkan informasi."

Senin, 04 Maret 2013

Terlalu Sering Berinternet Sebabkan Sulit Konsentrasi!



SEBUAH hasil studi kontroversial mengemukakan bahwa anak-anak muda jaman sekarang kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi karena internet. Profesor David Nicholas dari University College London menyebutkan revolusi digital membuat otak generasi muda seperti 'dibentuk' kembali. Hal tersebut membuat mereka bisa mengerjakan banyak tugas dalam waktu bersamaan, namun di sisi lain mereka sulit untuk fokus dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hasil studi ini menegaskan bahwa meningkatnya penggunaan internet dan jumlah gadget tak hanya mengubah perilaku masyarakat, tetapi juga mengubah cara berpikir mereka. Dilansir Daily Mail, Minggu (21/2/2010), Nicholas dan timnya menguji kemampuan 100 orang partisipan untuk menjawab beberapa pertanyaan dengan berselancar di dunia maya. Dalam temuan awal, partisipan usia 12 hingga 18 tahun membutuhkan lebih sedikit waktu untuk mencari jawaban dari pertanyaan ketimbang partisipan yang berumur lebih tua. Rata-rata mereka bisa menjawab dengan cepat hanya dengan membaca setengah laman website. Waktu yang mereka habiskan untuk membaca halaman website seperenam kali lebih sedikit dibandingkan partisipan yang lebih tua. Remaja juga terbukti lebih andal dalam multi tasking. Mereka cenderung berpindah-pindah dari satu situ ke situs yang lain dan jarang kembali ke situs yang sama dua kali. "Sangat mengejutkan melihat mereka pindah dari situs ke situs, melihat satu atau dua halaman, pindah ke situs lain, melihat satu atau dua halaman dan pindah lagi. Tidak ada yang tinggal lama di satu situs," kata Nicholas.

Beberapa psikolog berargumen, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa internet mengubah otak dan pada dasarnya anak-anak muda memang selalu sulit konsentrasi. Namun beberapa psikolog lainnya mengklaim bahwa internet mendorong pengguna untuk tidak fokus dengan berpindah-pindah dari situs ke situs, lain halnya seperti membaca buku. Sebagian besar pengguna internet tidak bisa menerapkan disiplin, seperti menulis dan membaca untuk jangka waktu lama. "Hal ini karena pikiran mereka telah dibentuk kembali untuk bekerja dengan cara yang berbeda," tandas Nicholas.

Senin, 25 Februari 2013

Ilmuwan Temukan Letak Otak Agama dan Kepercayaan!



ILMUWAN telah mengidentifikasi area otak yang jika rusak akan menyebabkan spiritualitas lebih besar. Temuan itu memberi petunjuk pada akar spiritual dan sikap keagamaan. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuron edisi Februari melibatkan ciri kepribadian yang disebut transendensi-diri, yang merupakan ukuran samar-samar menyangkut perasaan spiritual, berpikir, dan berperilaku.

Transendensi-diri mencerminkan penurunan kesadaran diri dan kemampuan untuk mengidentifikasi diri sendiri sebagai bagian integral dari alam semesta secara keseluruhan, para peneliti menjelaskan. Ilmuwan mensurvei pasien tumor otak yang telah dihapus sebelum dan setelah operasi. Survei itu menghasilkan nilai transendensi-diri. Survei itu menunjukkan kerusakan selektif kiri dan kanan daerah posterior parietal otak menunjukkan peningkatan tertentu dalam transendensi-diri atau ST. "Studi pemetaan gejala-lesi kami adalah yang pertama mendemonstrasikan hubungan sebab akibat antara fungsi otak dan ST," kata Dr Cosimo Urgesi dari University of Udine di Italia. "Kerusakan pada daerah parietal posterior mengakibatkan perubahan cepat pada kepribadian dari dimensi yang berkaitan dengan kesadaran diri-referensial. Dengan demikian, disfungsional aktivitas saraf parietalis dapat mendukung spiritual dan keagamaan mengubah sikap dan perilaku."

Sebelumnya studi neuroimaging yang menghubungkan jaringan besar di otak dan menghubungkan frontal, parietal, dan temporal cortexes menemukan hubungan dengan pengalaman spiritual. Sebuah studi pada 2008 menyatakan otak kanan lobus parietalis yang mendefinisikan orang yang kurang aktif dan mungkin memimpin kehidupan rohani. Penemuan baru itu dapat mengarah pada strategi-strategi untuk mengobati beberapa bentuk penyakit mental. "Mungkin pendekatan baru yang bertujuan untuk memodulasi aktivitas saraf akhirnya membuka jalan pengobatan baru dari gangguan kepribadian," kata Dr Salvatore M Aglioti dari Universitas Sapienza Roma.

Sabtu, 23 Februari 2013

Mengapa Dokter Selalu Berbaju Hijau Ketika Operasi!



SEMULA memang yang digunakan adalah warna putih yang melambangkan kebersihan. Namun, seorang dokter berpengaruh menggantinya dengan warna hijau karena menurut dia warna hijau lebih nyaman di mata. Walaupun sulit dikonfirmasi mengapa warna hijau jadi populer karena alasan ini, hijau memang cocok bagi dokter untuk melihat lebih baik di ruang pembedahan, karena hijau adalah lawan dari warna merah dalam roda warna.

Menurut seorang ahli psikologi, melihat pada warna hijau dapat menyegarkan mata ahli bedah dalam melihat benda-benda bewarna merah, termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah saat pembedahan. Melihat warna merah terus menerus menyebabkan sinyal warna merah di otak memudar sensifitasnya terhadap variasi warna merah. Alasan lainnya adalah, terus-menerus berfokus pada warna merah akan menyebabkan ilusi nofa berwarna hijau pada latar warna berwarna terang atau putih. Ini akan menggangu penlihatan dokter. Jika warna baju ahli bedah berwarna hijau, ilusi ini akan memudar dan tidak akan mengganggu penglihatan dokter.

Jumat, 15 Februari 2013

Mengapa Burung Beo Bisa Bicara!



PERNAHKAH anda merasa heran kenapa burung beo dapat menirukan ucapan manusia dengan baik? karena burung beo menggunakan lidahnya agar dapat menghasilkan suara seperti huruf-huruf vokal sebagaimana halnya kita, manusia. Pada manusia, bunyi dihasilkan dari larynx (pangkal tenggorokan) dan dapat diubah-ubah sesuai pergerakan lidah dalam mulut. Hal seperti inilah yang menolong kita mengucapkan huruf vokal dan huruf konsonan meski huruf itu rumit.

Hingga kini, tak sedikit peneliti beranggapan, burung Beo sama seperti halnya bangsa burung lain, menghasilkan dan mengubah-ubah suaranya dengan menggunakan larynx dan syrinx tanpa menggunakan lidahnya sama sekali. Ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar, burung Beo menggerakkan lidahnya ke depan dan ke belakang ketika berbicara. Hal ini yang kemudian menggelitik Gabriel Beckers dan rekan-rekannya yang berasal dari Universitas Leiden, Belanda, yang kemudian tertarik untuk mengamati apakah pergerakan ini memang berperan pada burung Beo yang pintar meniru ucapan manusia. Para peneliti mencoba melakukan riset pada sejumlah burung Beo. Syrinx burung-burung kemudian diganti sebuah speaker elektronik yang sangat kecil. Ketika amplifier memperdengarkan suara, sebuah pengait menggerakkan lidah burung itu.

Para peneliti menemukan, pergerakan lidah kurang dari satu milimeter saja akan menimbulkan perbedaan besar terkait kualitas suara vokal burung Beo yang dikeluarkan. Terus seberapa besar perbedaannya ya? Perbedaan itu, kata Beckers, lebih besar ketimbang perbedaan antara huruf 'a' dan 'o' yang diucapkan manusia. Jadi, menurut Beckers, kemampuan burung Beo memainkan lidahnya mengucapkan huruf-huruf vokal mungkin didorong bakat burung menjadi peniru.

Minggu, 10 Februari 2013

Mengapa Nyamuk Tertarik Pada Darah Manusia!



MENGAPA nyamuk suka mengerubungi tubuh dan pakaian kita? Untuk menjawab pertanyaan itu, pakar kimia ekologi Walter Lear meneliti apakah manusia menghasilkan semacam bau yang mengundang nyamuk. Ia dan para koleganya menemukan zat yang mereka cari, yakni nonanal, zat yang dihasilkan manusia dan burung-burung yang mengeluarkan aroma yang mengundang nyamuk Culex.

Ia awalnya melakukan percobaan pada dirinya sendiri. "Aku mengukur kadar pada diriku sendiri," kata Leal. Rekannya menempelkan alat seperti suntikan pada kulitnya, lalu dibungkus dengan aluminium foil agar terisolasi. Setelah sejam, ujung suntikan itu dimasukkan ke suatu alat untuk mengukur kadar nonanal. "Ternyata tubuhku menghasilkan cukup banyak (nonanal)," kata Leal, "Saya rasa tubuh saya melepaskan 20 nanogram (nonanal) perjam. Itu termasuk tinggi." Kini Leal sadar bahwa inilah alasan kenapa dulu ketika ia di Meksiko, walaupun sudah melakukan langkah-langkah pencegahan, ia tetap diburu nyamuk. "Banyak sekali nyamuknya, saya hampir tak percaya," ia bernostalgia, "Aku menyemprotkan Deet (anti nyamuk) di mana-mana, sampai di rambutku. Dan waktu pagi aku sadar nyamuk-nyamuk bahkan menggigit menembus kaos kakiku, padahal cukup tebal. Kalau kelewatan satu titik saja, maka pasti ditemukan nyamuk, lalu digigit. Nyamuk bahkan bisa menggigit menembus jeans, selama mereka tahu di baliknya ada pembuluh darah. Mereka juga bisa mendeteksi panas tubuh."

Rabu, 06 Februari 2013

Lari di Pagi Hari Mampu Tingkatkan Kinerja Otak!



MENYISIKAN sebagian waktu untuk berlari-lari di pagi hari dinilai mampu membantu meningkatkan pertumbuhan dan kerja otak. Orang yang sering melakukan jogging memiliki daya ingat yang lebih kuat ketimbang orang yang jarang berolahraga.

Jogging sebaiknya dilakukan minimal dua hari dalam sepekan. Hal itu didasarkan pada studi yang dilakukan oleh Cambridge University, Amerika Serikat, seperti dilansir Telegraph, Selasa (19/1/2010). Studi yang juga bekerjasama dengan US National Institute tersebut menyebutkan, berlari dapat membantu menumbuhkan ratusan dari ribuan sel otak baru yang berhubungan dengan memori otak. Sebab itu, berlari mampu membantu mengurangi pikun pada orang-orang lanjut usia.
"Kita tahu bahwa olahraga memang baik untuk menjaga fungsi otak, dan kami ingin menunjukkan lebih rinci tentang mekanisme kerja otak" kata Timothy Bussey, seorang neuroscientist di Cambridge University.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan tikus sebagai percobaan. Tikus dibagi ke dalam dua grup, kelompok tikus pertama diuji dengan berlari sekira 24 km per hari di sebuah lintasan lari berbentuk bola. Sedangkan kelompok tikus kedua tak melakukan lari. Tikus tersebut kemudian diadu untuk menemukan makanan, penilaian dilakukan dengan melihat gerakan hidung tikus. Makanan diletakan di sebelah kiri. Dan penelitian melihat bahwa tikus yang sering berlari menggerakan hidungnya pertama kali ke arah kiri (tempat makanan) sementara tikus yang tak pernah berlari selalu salah dalam menebak makanan atau lebih menggerakan hidungnya ke arah kanan.

Minggu, 03 Februari 2013

Inilah Penjelasan Mengapa Langit Berwarna Biru!



SAAT cuaca cerah di siang hari, kita akan lihat langit berwarna biru. Namun pada sore hari, langit akan berwarna kuning kemerahan. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui penyebabnya. Penyebab warna langit ternyata tidak lepas dari pengaruh atmosfir bumi kita ini. Molekul-molekul gas seperti nitrogen, oksigen, argon dan uap air menyebabkan cahaya matahari yang terdiri dari variasi panjang geleombang terabsorbsi. Cahaya yang terabsorbsi ini akan teradiasikan sehingga menghasilkan spektrum warna. Walaupun seluruh panjang gelombang dari cahaya matahari ini terabsorsi, namun warna biru yang memiliki panjang gelombang yang rendah akan terabsorsi lebih banyak dibandingkan warna merah sehingga warna biru ini dominan terlihat oleh mata. Proses ini dinamakan Rayleigh scattering.

Rayleigh menjelaskan bahwa cahaya yang memiliki panjang gelombang lebih kecil akan memiliki intensitas perpendaran yang lebih besar. Karena warna biru memiliki penjang gelombang yang kecil sehingga warna biru akan dominan di langit. Selain itu, perpendaran warna ini juga dipengaruhi oleh jarak sumber cahaya dengan pengamat sehingga pada saat sunset, jarak sumber cahaya akan lebih jauh dan menyebabkan perpendaran efek Rayleigh scattering oleh warna biru ini berkurang. Proses ini dapat terlihat jelas saat matahari terbenam, dimana warna merah akan dominan di garis horizon.

Sabtu, 02 Februari 2013

Apa Yang Terjadi Bila Cola-Cola Dicampur Mentos!

PADA tahun 2006, sebuah episode di MythBusters (salah 1 program populer dari Discovery Channel) menemukan bahwa kafein, potassium benzoate, aspartame, dan CO2 yg terkandung dalam coca cola diet dan gelatin serta bahan arabic dari mentos menyebabkan efek "jet" atau ledakan bila dicampur.







Sebagai tambahan, MythBusters menyimpulkan bahwa struktur fisikal dari mentos adalah yang paling berpengaruh dari ledakan itu. Ketika mentos rasa buah itu di tes perlahan lahan dengan air berkarbonasi, tidak ada reaksi yang terjadi. Tapi ketika mentos standar (rasa mint) ditambahkan ke air berkarbonasi, maka menimbulkan letupan kecil. Mereka menambahkan dan mengkonfirmasi teori letupan tersebut. Menurut MythBusters, permukaan dari mentos rasa mint dialasi dengan banyak lubang kecil yang membuat gelembung CO2 terbentuk dengan sangat cepat dengan jumlah yang banyak, yang menyebabkan letupan "jet" itu terjadi. Teori ini juga didukung ketika garam padat digunakan sebagai subtitusi (pengganti) dari mentos serta sedikit dari alkohol atau minuman keras dari berbagai jenis juga bisa menyebabkan ledakan tersebut terjadi.

Jumat, 25 Januari 2013

Ternyata Radiasi Ponsel Bantu Cegah Kepikunan!



DI tengah-tengah perdebatan yang menyebutkan radiasi ponsel memicu tumor otak, ada satu hasil studi terbaru yang berlawanan. Radiasi ponsel rupanya mampu meningkatkan kemampuan memori otak. Setidaknya inilah hasil studi yang diuji coba pada 96 ekor tikus. Gelombang radiasi yang dipancarkan ponsel disebut-sebut bisa meningkatkan aktivitas otak, bahkan melawan penyakit alzheimer, yaitu kepikunan yang disebabkan menurunnya fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif karena otak kekurangan gizi. "Temuan ini sungguh mengejutkan, paparan radiasi ponsel rupanya melindungi memori otak tikus yang memperlihatkan gejala alzheimer," kata ketua studi Gary Arendash dari Florida Alzheimer's Disease Research Center.

Seperti dilansir LiveScience, Kamis (7/1/2010), studi ini dengan sengaja memberikan paparan radiasi ponsel secara terus menerus pada tikus yang memiliki gejala alzheimer. Gelombang elektromagnetik dari ponsel yang didekatkan pada tikus terbukti ampuh menghilangkan kadar beta-amyloid, yaitu protein yang berkaitan erat sebagai pemicu penyakit alzheimer. Kelompok tikus normal dengan yang memiliki gejala alzheimer sama-sama diberikan paparan radiasi ponsel dalam jangka waktu dua setengah jam per hari selama tujuh hingga sembilan bulan. Pada hasil pemindaian otak tikus, terlihat bahwa gumpalan beta-amyloid yang juga biasa disebut plak pada otak berangsur-angsur menghilang setelah terkena paparan radiasi ponsel.

Para ahli berspekulasi bahwa radiasi ponsel meningkatkan temperatur otak, sehingga menyebabkan sel otak melepaskan plak 'kotor' tersebut. Mereka pun memprediksi, efek yang sama mungkin juga terjadi pada manusia. Jika benar demikian, radiasi ponsel dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan memerangi penyakit tertentu pada manusia. Kendati demikian, penelitian pada tikus tidak selamanya dapat langsung diterapkan pada manusia, sehingga diperlukan studi lebih mendalam untuk membutikannya.

Minggu, 20 Januari 2013

Ilmuwan Temukan Sel Penumbuh Gigi Super Cepat!




TEMUAN terbaru para ilmuwan di Inggris menyebutkan seseorang bisa mengganti gigi yang copot dengan cara menumbuhkan gigi baru. Cara menumbuhkan gigi baru ini yaitu dengan menanamkan 'sekuncup' sel pada gusi. Sel ini nantinya akan tumbuh menjadi gigi baru penganti gigi yang telah hilang. Pasien yang menjalani prosedur penanaman sel bakal gigi ini harus dibius lokal dan gigi akan tumbuh hanya dalam beberapa bulan.

Professor Paul Sharpe dari Dental Institute of King's College di London menyebutkan, prosedur baru ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan metode penumbuhan gigi yang digunakan sekarang. Saat ini, penumbuhan gigi baru umumnya dilakukan dilakukan dengan menggunakan semacam mahkota buatan yang dilekatkan pada sebuah tiang besi dan rahang. "Operasi penumbuhan gigi dapat melebar dan Anda harus memiliki tulang rahang yang kuat. Bagi sebagian besar pasien, hal ini bisa menjadi masalah," kata Sharpe seperti dikutip dari TG Daily, Rabu (30/12/2009).

Cara baru yang ditemukan Sharpe dan rekannya memanfaatkan sel induk yang diambil dari tubuh pasien dan dimodifikasi melalui percobaan laboratorium sehingga bisa menjadi sel yang tumbuh menjadi gigi baru. Setelah beberapa minggu, sel tersebut diuji coba untuk mengetahui jenis gigi apa yang akan dikembangkan. Setelah diseleksi, bakal gigi yang paling baik akan terpilih untuk ditanamkan pada gusi. Eksperimen ini telah terbukti berhasil dilakukan pada tikus. Itu sebabnya, Sharpe sangat optimis cara ini pun bisa bekerja pada manusia.

Sabtu, 19 Januari 2013

Penemuan Baru Diagnosa Malaria Dengan Permen Karet!




ADA cara baru yang mudah dan murah untuk mendiagnosa penyakit malaria, yaitu dengan mengunyah permen karet. Dengan bantuan dana dari yayasan milik bos Microsoft Bill Gates, Bill and Melinda Gates Foundation, Andrew Fung dan timnya di University of California, Los Angeles mengembangkan Maliva, metode baru untuk mendeteksi Malaria dengan permen karet. "Dimana pun Anda menjual permen, Anda bisa menjual dan memanfaatkan permen karet ini" ucap Fung seperti dikutip dari Discovery News, Minggu (27/12/2009).

Orang yang terinfeksi malaria menunjukkan berbagai gejala seperti demam panas, menggigil, muntah, kekurangan energi, bahkan kejang-kejang setelah enam sampai 14 hari terkena gigitan nyamuk Anopheles betina. Untuk mendiagnosa malaria, para ilmuwan mengambil sampel darah dan mengujinya menggunakan mikroskop, mencari sel yang terinfeksi parasit malaria. Sel yang terinfeksi tersebut ditandai dengan warna yang lebih gelap dari sel darah merah normal. Di beberapa daerah yang belum memiliki fasilitas mikroskop atau staf ahli berpengalaman, umumnya para dokter menggunakan tes antigen. Dengan tes ini, setetes darah bisa mendeteksi keberadaan beberapa molekul yang dibuat parasit malaria dan dilepaskan ke dalam darah manusia. Sayangnya metode ini kurang efektif digunakan di daerah yang penduduknya tidak cukup mampu untuk membayar tes antigen atau menganggap darah merupakan hal yang tabu.

Dunia medis pun kemudian memperkenalkan metode bernama Maliva, yaitu mendeteksi malaria melalui air liur yang menempel pada permen karet. Ketika seseorang mengunyah permen karet, air liur mengandung molekul yang diproduksi parasit malaria, masuk ke mulut. Partikel nano magnetik dengan antibodi kemudian akan menempel ke molekul. Setelah beberapa menit, permen karet akan dibuang dan ditempatkan pada strip kertas. Nanopartikel yang terikat pada protein malaria, akan menujukkan garis tipis. Apabila tidak ada garis, berarti orang tersebut tidak terkena malaria. "Menggunakan air liur dan bukan jarum suntik yang menyakitkan, akan menjadi tren dunia media dalam beberapa tahun ke depan, termasuk untuk mendeteksi penyakit lain selain malaria," kata Fung optimistis.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon