Selasa, 09 Agustus 2016

kumpulan artikel ane

Bisakah Manusia Berjalan di Atas Air !

Selama berabad-abad, manusia dibanjiri ide berjalan di atas air. Hal itu mungkin karena terinspirasi alam, di mana ada 1.200 spesies binatang yang berjalan di atas air. Binatang kecil seperti serangga dan laba-laba menggunakan ketegangan permukaan untuk 'memegang' molekul air dan membuatnya mengambang.

Namun,seperti dikutip dari lifeslittlemysteries, binatang yang lebih besar agak lebih sulit melakukannya. Menurut terbitan 'Annual Review of Fluid Dynamics', manusia sebenarnya bisa berjalan di atas air jika berlari dengan kecepatan 108 km per jam, hampir secepat cheetah. Pria tercepat dunia, Usain Bolt dari Jamaika, hanya mampu menempuh kecepatan 37,8 km per jam pada nomor sprint 100 meter di Kejuaraan Dunia 2009.

Namun, batas tubuh manusia tak membuat kita berhenti bermimpi. Dalam 40 tahun terakhir, seseorang telah mematenkan lebih dari 50 perangkat berjalan di air. Jadi meski tak bisa berjalan di atas air sendiri, kita dapat mengakalinya.

Menurut matematikawan terapan Massachusetts Institute of Technology (MIT) John Bush, perangkat ini bekerja dengan dua cara. Yakni meningkatkan daya apung, atau menggunakan kekuatan dynamic lift. Sebagian besar perangkat yang sudah dipatenkan dan mengambil desain klasik ski ponton milik da Vinci dirancang guna meningkatkan daya apung. Sisanya menggunakan bahan apung ringan, seperti styrofoam atau kayu. Di sisi lain, dynamic lift membutuhkan kekuatan luar yang bekerja pada tubuh manusia. "Sebuah gaya diperlukan guna menarik tubuh ke arah sejajar permukaan air," jelas Bush. Prinsip yang juga bekerja pada sayap pesawat ini, dapat dilihat ketika perahu bermotor menarik seseorang di sepanjang permukaan air. Coba bayangkan ski dengan bertelanjang kaki. Jika kemiringan kaki benar, air mengalir melewati tubuh secara efektif dan mengangkat peselancar yang bertelanjang kaki itu keluar dari air.

Jumat, 05 April 2013


Inilah Bulan Paling Aneh di Tata Surya !

Objek berbentuk piring terbang ini tampak aneh. Karenanya, ilmuwan yang mempelajari bulan Saturnus mendeklarasikan Pan sebagai bulan teraneh di tata surya. Ahli NASA mengatakan bahwa bulan Pan relatif muda karena memiliki partikel es di cincin planet. Ini menjadi bukti bagaimana pembentukan Bumi dan planet-planet di sekelilingnya.

Saat melihat pertama kali, bentuk aneh Pan diduga terkait kecepatan objek ini mengelilingi Saturnus. Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa kecepatan Pan yang diperkirakan 14 jam dalam satu kali rotasi, tidak cukup cepat untuk memberikan tampilan piring terbang aneh. Kemungkinan besar, penampakan tidak biasa itu terkait komponen partikel es dan komposisi berpori pada materi Pan sehingga mempengaruhi pembentukan bulan.

Ahli NASA mengatakan bahwa Pan terdiri dari dua sisi protomoon yang telah musnah akibat proses penghancuran miliaran tahun lalu. Proses ini hampir mirip dengan terbentuknya Bumi dan bulan, seperti dikutip dari Evoscience.

Sabtu, 30 Maret 2013


Buku Termahal di Dunia Hanya Berisi Satu Baris Tulisan !

SEBUAH buku tebal bersegel dengan judul "The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art "adalah barang unik, langka dan mahal di dunia. Dalam buku ini hanya berisikan sebuah kalimat sederhana.Namun berharga US$ 20.000.

Elementa Chemiae Buku ini adalah karya terakhir dari Boerhaave, seorang dokter Belanda yang menulis buku "Elementa Chemiae" dan meninggal tahun 1738. Sebelum wafat ia meninggalkan sebuah buku tebal bersegel dengan judul "The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art" yang artinya kurang lebih " Rahasia paling mendalam dan satu-satunya dalam seni pengobatan". Saat buku itu dilelang, terjual dengan harga US$ 20.000. Tapi ternyata,setelah segel buku dibuka, pemenang lelang itu menemukan 99 dari 100 halaman buku itu kosong tidak ada tulisan sama sekali. Selain sampul depan, deretan huruf yang membentuk sebaris tulisan pendek di satu halamannya, dalam arti bahas Indonesia bebas berbunyi, "Jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin."

Jumat, 29 Maret 2013


Memburu Jejak Hantu Dengan Bantuan Kucing !

KONON hewan seperti kucing dan anjing bisa "menangkap" kehadiran makhluk halus, hal itu juga dipercaya oleh sebagian orang Barat. Bedanya, mereka memanfaatkan "kelebihan" kucing itu untuk memotret apa yang disebut sebagai makhluk halus.

Seperti yang dilakukan oleh Willie bos Jura Cochrane tempat hiburan, hotel dan pabrik wisky di pulau Hebridien, Inggris. Dia sengaja memasang kamera jarak jauh pada kucing bernama Elvis untuk merekam jejak hantu yang konon sering mengganggu di lingkungan pabrik penyulingan wisky dan sekelilingnya.

Sebagaimana dirilis the sun (30/10/2010), Elvis si kucing berkamera itu berhasil memotret sebuah objek yang diyakini sebagai hantu pengganggu sejak 200 tahun terakhir ini. Diceritakan, kucing itu tampak sedang mengejar objek yang mungkin dikira tikus berlari untuk diburu. Dari beberapa foto yang dihasilkan setelah dianalisa ada beberapa hasil jepretan kucing yang menggambarkan kondisi hantu dimaksud. Foto yang dipublikasikan itu menunjukkan sebuah "hantu" yang berbentuk seperti kucing sedang memanjat dinding. Hantu itu terbentuk oleh asap putih posisi berlari mengejar objek di pinggir jendela. Tidak ada siapa-siapa di lokasi itu.

Willie si bos mengatakan, "Kami tahu bahwa Elvis (kucing) mempunyai beberapa kelebihan khusus. Tetapi melihat roh orang yang telah mati adalah suatu hal baru bagi kami," katanya. Memang sudah banyak didengar terkait kisah-kisah hantu tua di Jura itu, tapi foto jepretan Elvis si kucing itu memperkaya koleksi dalam katalog mistisnya.

Elvis kucing yang berusia 4 tahun itu sengaja dilengkapi dengan kamera tersembunyi untuk menangkap pemandangan "aneh" di pulau Hebridien, Inggris saat acara festival musik musim panas. Atas prestasi si kucing itu, ruangan tempat lokasi pemotretan hantu itu justru bisa disewakan kepada para penggemar wisky dengan tarif 2. 500 euro atau sekitar Rp 30 juta per malam. Staf di tempat hiburan itu mengatakan, banyak tamu yang tinggal di kamar gedung itu takjub dan ketagihan karena sering terbangun tengah malam oleh suara misterius. Bahkan mereka menyaksikan mebel bergerak sendiri dan pintu juga buka tutup sendiri lengkap dengan kehadiran hawa dingin semerbak. Apakah Anda berani untuk menginap di kamar ini?

Rabu, 27 Maret 2013


Ditemukan Lele Pemakan Kayu di Amazon !

SPESIES baru ikan lele yang ditemukan di Amazon adalah pemakan kayu. Lele ini ditemukan oleh ilmuwan air tawar Paulo Petry di lingkungan Fitzgarad, Peru, Amazon. Sebelumnya, diyakini hanya kepiting laut dalam saja yang memakan kayu. Lele ini memiliki gigi berbentuk sendok di mana digunakannya untuk menyendok kayu ke dalam mulutnya. Ikan ini kebanyakan memakan kayu jatuh. Hal menakutkan mengenai lele ini adalah ikan ini terancam punah akibat ulah manusia.

Menurut Petry, Ada 4.700 spesies ikan air tawar di Amerika Selalan saat ini. Rata-rata, 100 spesies ditemukan tiap tahunnya". Tahun ini saja, 69 spesies telah ditemukan. Jumlah ini jelas masih sangat jauh dari jumlah spesies yang ada di Amerika Selatan. Lele berpelindung ini ditangkap di sungai Purus dan Curanja. Spesies unik pemakan kayu ini diperkirakan hanya tersisa 10 spesies di Amerika Selatan.

Sabtu, 09 Maret 2013


Misteri Gunung Salju Berdarah di Antartika !

 



SEBUAH gunung es yang terdapat di Antartika mengeluarkan air berwarna merah darah. Aliran air yang membentuk air terjun ini, membuat gunung es tersebut seperti menangis mengeluarkan darah. Pecahan yang terdapat di Gunung es Taylor itu menciptakan sebuah celah kecil di permukaan yang berwarna putih. Tentunya warna merah darah yang dikeluarkan gunung tersebut bukanlah darah asli.

Warna merah yang mengalir terus merupakan campuran air dengan zat besi yang tersembunyi di bawah permukaan gunung. Air itu sendiri berasal dari sebuah danau kuno yang terletak sekira 762 meter di dalam gunung es. Demikian diberitakan The Sun, Minggu (7/3/2010). Selain itu, para peneliti menyatakan warna merah juga disebabkan ekosistem mikroba yang tersimpan di dalam tanah selama 2 juta tahun dan berevolusi tanpa panas, cahaya, atau pun oksigen. Akhirnya bakteri dari zat tersebut mendaur ulang asam sulfat sebagai sumber energi mereka. Air ini temperaturnya sangat dingin hingga mencapai minus 5 derajat celcius dan para ahli menilai air ini terlalu asin dan sulit untuk membeku. Air semacam ini sebelumnya hanya dapat ditemui di planet Mars.

Rabu, 20 Februari 2013


Ilmuwan Inggris Samakan Alien Dengan Manusia!



KEHIDUPAN di bumi berkembang dari mikroba yang dibawa oleh komet sekitar 3800 juta tahun lalu. Ilmuwan Inggris menilai bukti mengarah ke sisi ilmiah itu. Profesor Inggris Chandra Wickramasinghe mengatakan," Kita semua adalah alien. Setiap kali sebuah sistem planet terbentuk beberapa mikroba yang selamat menemukan jalannya sendiri menuju ke komet. Hal tersebut kemudian berduplikasi dan menjadi benih di planet lainnya. Kita adalah bagian dari rantai tersebut yang terhubung dengan volume kosmos besar. Bukti mengarah ke sisi ilmiah tersebut."

Profesor Wickramasinghe merupakan seorang ahli astrobiologis di Universitas Cardiff percaya bibit atau benih kehidupan tersimpan di bumi sekitar 3800 juta tahun lalu. Dia mengatakan hidup yang ada di alam semesta terkirim dari planet satu ke planet lainnya lebih dari miliaran tahun seiring perjalanan komet menghantam planet dan mendorong material yang ada di angkasa. Tetapi Wickramasinghe menerima teori bahwa teori tersebut tidak menjelaskan bagaimana kehidupan awal menjadi nyata dan eksis keberadaannya. Dia dan koleganya yakni seorang astronom sekaligus penulis yang memenangkan teori panspermia tahun 1960 Sir Fred Hoyle mengatakan bahwa kehidupan tidak bermula di Bumi tetapi terbawa ke Bumi dari angkasa luas. Profesor menambahkan, "meskipun kita mempunyai pengetahuan definitif bagaimana awal kehidupan terbentuk pertama kalinya, sekali ada, maka kemudian dia menyebar di kosmos dan selamat dari segala macam ancaman."

Selasa, 19 Februari 2013


Ternyata Bunuh Diri Disebabkan Bawaan Genetik!



STUDI terbaru menyebutkan, kecenderungan melakukan bunuh diri dipicu oleh kerusakan genetik yang mempengaruhi pertumbuhan sel syaraf. Temuan ini merupakan kelanjutan dari studi sebelumnya yang memperlihatkan bahwa perilaku bunuh diri bisa berlangsung turun temurun dalam sebuah keluarga. Para ilmuwan menganalisa varian genetik yang ada pada 394 pasien yang didiagnosa mengalami depresi, termasuk 113 orang pasien yang tercatat pernah melakukan upaya bunuh diri. DNA mereka kemudian dibandingkan dengan 366 partisipan sehat dari populasi umum yang berbeda. Hasilnya, ditemukan lima perubahan pada kode genetik pasien dengan riwayat pernah melakukan percobaan bunuh diri. Demikian keterangan yang dikutip dari Telegraph, Rabu (3/1/2010).

Varian genetik yang disebut Single Nucleotide Polymorphisms (SNPs), mempengaruhi dua gen yang berhubungan dengan pertumbuhan dan pembentukan sel saraf. Hasil studi ini kemudian memberikan konfirmasi tentang studi lainnya yang menemukan ada sekira 270 dari 1.600 orang yang diteliti, pernah melakukan percobaan bunuh diri. Mereka adalah pasien warga negara Jerman dan Afro-Amerika.

Dr Martin Kohli yang memimpin studi ini menyebutkan, perilaku bunuh diri merupakan sebuah sifat yang dapat diwariskan. "Kesimpulan ini di dapat setelah menganalisa DNA dan melakukan penelitian terhadap keluarga dan pasangan kembar dengan riwayat perilaku bunuh diri," kata Kohli. Mereka juga diketahui memiliki phenotype yang sama yang mendorong mereka ke arah tindakan bunuh diri. phenotype merupakan serangkaian sifat biologis pada manusia.

Kamis, 31 Januari 2013


Siput Langka Berbadan Flora dan Fauna!



TAMPAKNYA siput laut ini makhluk pertama yang tubuhnya setengah flora setengah fauna. Pasalnya, siput yang baru ditemukan ini bisa menghasilkan pigmen klorofil seperti layaknya tumbuh-tumbuhan. Para ilmuwan memperkirakan, siput cerdik tersebut mencuri gen dari alga yang mereka makan sehingga bisa menghasilkan klorofil. Dengan gen "curian", mereka bisa berfotosintesis, yaitu proses tumbuhan untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi. "Hewan ini bisa membuat molekul berisi energi tanpa makan apa-apa," kata Sydney Pierce, pakar biologi dari Universitas South Florida di Tampa.

Pierce telah mempelajari mahluk unik tersebut, yang telah resmi dinamakan Elysia chlorotica, selama 20 tahun. Ia mengajukan temuan terbarunya pada tanggal 7 Januari 2010, pada pertemuan tahunan Komunitas Integratif dan Perbandingan Biologi di Seattle. Temuan ini dilaporkan pertama kali oleh jurnal Science. "Ini pertama kalinya hewan multiseluler bisa menghasilkan klorofil," tutur Pierce. Siput laut ini tinggal di rawa-rawa air asin di New England, Kanada. Selain "mencuri" gen untuk menghasilkan pigmen hijau klorofil, hewan ini juga mencuri bagian-bagian kecil sel yang disebut kloroplas, yang dipakai untuk melakukan fotosintesis. Kloroplas menggunakan klorofil untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi, seperti tanaman, sehingga hewan ini tak perlu makan untuk mendapatkan energi. "Kami mengumpulkan sejumlah hewan tersebut dan menyimpannya di akuarium selama berbulan-bulan," kata Pierce, "Asalkan diberi cahaya selama 12 jam sehari, mereka bisa bertahan (tanpa makan)."

Para peneliti memakai pelacak radioaktif untuk memastikan bahwa siput-siput ini benar-benar menghasilkan klorofil, dan bukan mencurinya dari pigmen yang sudah pada alga. Nyatanya, siput-siput ini mengintegrasikan materi genetika dengan sangat sempurna sehingga bisa diturunkan pada generasi selanjutnya. Anak-anak dari siput yang sudah "mencuri" gen juga bisa menghasilkan klorofil sendiri, walaupun mereka tak bisa berfotosintesis sebelum mereka makan cukup alga hingga bisa "mencuri" cukup kloroplas. Sejauh ini, kloroplasnya belum bisa mereka produksi sendiri. Keberhasilan siput-siput ini mengagumkan, dan para ilmuwan juga masih belum bisa memastikan, bagaimana hewan ini bisa memilih gen yang mereka butuhkan. "Mungkin saja DNA dari satu spesies bisa masuk ke spesies yang lain, seperti yang telah dibuktikan oleh siput jenis ini. Tapi mekanismenya masih belum diketahui," ungkap Pierce.

Sabtu, 26 Januari 2013


Inilah Buku Paling Tebal di Dunia!





ROB MATTHEWS adalah orang yang membuat versi cetak (print) dari Wikipedia dalam bentuk hard cover. Buku itu tebalnya 5000 halaman, isinya adalah kompilasi dari 400 artikel lebih.

Buku ini tingginya 1 kaki 7 inchi, atau sekitar 47.5 cm Namun tunggu dulu, ternyata Rob hanya mencetak 0.01% dari seluruh isi Wikipedia! Tujuannya agar orang yang ingin membaca Wikipedia secara offline dapat membeli buku ini. Jadi silahkan anda hitung sendiri berapa halaman yang diperlukan untuk membukukan seluruh artikel di Wikipedia! Gampang saja menghitungnya: 1 buku 5000 halaman setinggi 47.5 cm berisi 0.01%, jadi kalau seluruh isi Wikipedia membutuhkan : 100%/0.01%=10.000 buah buku yang seperti itu.

Jumat, 18 Januari 2013


Pola Jaring Laba-Laba Yang Aneh!



JARING laba-laba, mungkin saja merupakan struktur alam buatan hewan yang paling cantik dan ruwet. Tapi beberapa jenis laba-laba membuatnya lebih baik lagi. Mereka membangunnya selangkah lebih jauh.




Beberapa jenis laba-laba menghias jaringnya bahkan lebih tertata dengan pola yang lebih kompleks, seolah-olah menunjukkan bahwa merekalah desainer alam terbaik di muka bumi. Kalau melihat gambar-gambar berikut ini memang tidak terlihat sempurna tapi cukup membuat kita bertanya mengapa mereka membuat konfigurasi ekstra ini. Struktur jaring laba-laba ekstra ini memiliki nama ilmiah stabilimentum atau stabilimenta. Nama ini sebenarnya diambil secara tidak sengaja, bahkan muncul karena adanya kesalahan yaitu saat peneliti menduga bahwa pola ini bertujuan untuk membuat jaring laba-laba stabil. Teori ini belakangan dibantah. Sepertinya fungsi dari pola ekstra ini bisa bermacam-macam. Laba-laba membangun pola ini sendiri berkali-kali mungkin sampai sepuluh kali.

Beberapa diantaranya membuat pola ini tidak berasal dari jaringnya sendiri melainkan dari sisa-sisa apa saja termasuk dari bekas telurnya sendiri atau apa saja yang ada di dekat jaringnya. Pola jaring ekstra ini bisa ditemukan diantara sejumlah spesies laba-laba - tapi contoh terbaiknya adalah yang dari jenis Argiope. Pola ekstra ini, seringkali hampir presisi secara matematis dengan sudut 45 derajat, sepertinya dibuat untuk "memelarkan" tubuh mereka sehingga membuatnya lebih tidak menarik predatornya. Kadang-kadang pola ini mengarah vertikal dan laba-laba yang lebih muda mungkin membuatnya berbentuk seperti piringan. Menjawab pertanyaan mengapa pola ekstra ini dibuat sepertinya menjadi tidak sederhana. Beberapa menganggapnya memberikan perlindungan ekstra karena membuat laba-laba terlihat lebih besar atau sebagai kamuflase. Atau sebaliknya justru membuatnya lebih terlihat dibanding jaringnya sendiri sehingga membuatnya makin mudah terlihat oleh misalnya burung. Lebih seperti "rambu stop" untuk hewan lainnya.

Belakangan disebutkan bahwa stabilimenta digunakan untuk lebih menarik mangsa laba-laba. Sering lihat serangga di malam hari berkumpul mendekati cahaya lampu? Pola ekstra jaring laba-laba ini diyakini mampu memantulkan sinar ultraviolet sehingga menarik lebih banyak lagi mangsa untuk mendekati jaring. Thermoregulation, teori ini menyebutkan bahwa pola ekstra ini membantu laba-laba menjaga suhu tubuhnya optimal untuk bertahan hidup dalam cuaca apapun. Adapula yang menyebutkan bahwa laba-laba memiliki estetika - seperti manusia yang juga memiliki estetika - seperti yang juga ditunjukkan hewan lainnya untuk memperbaiki lingkungan sekitarnya untuk mengejar sesuatu. Bisa saja, dorongan reproduksi menjadi alasan mengapa pola ekstra ini dibuat. Saat seekor betina siap untuk bereproduksi cara apalagi yang lebih baik untuk menarik sang jantan selain mempercantik jaringnya? Pola ekstra ini paling banyak memang dibuat dari jaringnya sendiri selain beberapa jenis mengkombinasikannya dengan benda apa saja di dekatnya. Pada jenis Nephila, sisa-sisa mangsa pun ikut ditempelkan pada pola ini dengan maksud lebih menarik mangsa lainnya lagi. Apapun alasannya, hal ini menunjukkan di luar sana ada banyak keajaiban alam yang tidak kita sadari terjadi tiap hari. Bahkan dilakukan oleh binatang kecil yang hampir kita tidak pernah mempedulikannya.

Jumat, 04 Januari 2013


Ternyata Otak Albert Einstein Pernah di Awetkan Selama 20 Tahun!

NAMA Einstein tentu tidak asing lagi bagi telinga siapa pun juga. Demikian juga dengan teori relativitasnya. Tapi, penelitian terhadap otak ahli fisika ini tentu masih merupakan hal baru dan tidak banyak orang yang mengetahuinya. Namun ternyata Otak Albert Einstein sering dijadikan sebagai objek riset dan spekulasi. Otak dari tokoh fisika terbesar di abad ke-20 ini diambil 7 jam setelah kematiannya pada tahun 1955. Otak ini menarik perhatian dunia karena reputasi Albert Einstein sebagai seorang jenius, dan nampaknya kelainan dan ciri khas di dalam otaknya ini mempunyai korelasi kuat dengan kemampuan intelegensi yang menyebabkan terciptanya banyak ide brillian dalam dunia fisika dan matematika.
Mengenai pengambilan otak dan pengawetan ini apakah mendapat ijin dari yang bersangkutan merupakan bahan perdebatan yang luas. Dalam biografinya yang ditulis oleh Ronald Clark (1971) dikatakan: "Dia sangat menyetujui agar otaknya dipakai sebagai objek riset dan meminta agar badannya juga dikremasikan". Namun pernyataan Ronald Clark ini nampaknya tidak begitu cocok, bahkan pengambilan otak ini pun belum mendapat ijin dari pihak keluarganya. Ijin dari anaknya yang bernama Hans Albert Einstein baru diberikan setelah pengambilan dilakukan, dan ini pun disetujui jika otak tersebut hanya dipakai untuk kegiatan riset yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal ilmiah yang berkualitas tinggi.
Prof Marian Diamond yang membedah otak Einstein menemukan bahwa otak Einstein sangat mirip dengan otak orang kebanyakan. Hanya otak Einstein lebih terlatih pada sedikit bagian-bagian tertentu saja. Prof Marian Diamond adalah ahli anatomi otak, dari Universitas California di Berkeley, telah menghabiskan waktu selama enam bulan hanya untuk meneliti otak Einstein. Beliau "menyibukkan diri" memilah-milah bagian otak ahli fisika ini dan menghitung sel-selnya.
Di bagian sebelah kiri otak sang jenius ini ditemukan ditemukan lebih banyak sel glial untuk setiap neuron daripada dalam otak biasa. Hal ini mungkin bisa menjadi alasan mengapa Einstein begitu cerdas, sekalipun Professor Diamond tidak begitu dapat memastikannya. Sebagai gambaran, ada dua jenis sel dalam otak manusia. Sel neuron, yang melakukan tugas berpikir dan mengatur kerja syaraf, sedangkan sel glial atau neuroglia berfungsi menyediakan "makanan" dan melakukan tugas yang menunjang kerja sel neuron.
Prof. Diamond memperoleh gagasan untuk melaksanakan penelitian itu setelah melihat gambar otak Einstein yang telah diawetkan, yang dimuat dalam sebuah majalah ilmu pengetahuan. Otak yang diawetkan ini dimiliki oleh seorang ahli patologi dari Missouri, Amerika Serikat. Thomas Hervey, ahli patologi ini adalah salah seorang dari para dokter yang melaksanakan otopsi atas ahli fisika ini, pada waktu Einstein meninggal 18 April 1955 pada umur 76 tahun. Ternyata tidak gampang merawat awetan otak ini. Ahli patologi tidak sekalipun bermaksud menjualnya.
Untuk membujuk ahli patologi ini, Prof. Diamond memakan waktu selama tiga tahun. Itu pun tidak seluruhnya. Sang profesor hanya mendapatkan empat irisan kecil dari otak itu. Bagaimanapun juga, otak Einstein yang baru ditemukan kembali pada tahun 1978 ini mendapat perhatian yang luas terutama di dalam dunia ilmiah. Otak ini berada dalam sebuah botol batu yang diisi dengan cairan jus apel (cider) selama lebih dari 20 tahun.

Senin, 31 Desember 2012


Inilah Makanan dan Minuman Para Astronot!

Pada saat pengiriman pesawat ulang alik ke luar angkasa untuk pertama kalinya, para astronot mengalami kesulitan dalam urusan penyediaan makanan dan minuman, bagi mereka tidak ada yang tahu sebelumnya apakah para astronot dapat memakan makanan padat atau cairan dengan kondisi tanpa bobot dan akan seperti apakah rasanya.
Mulanya, pada pengiriman ke angkasa luar, makanan dan minuman tersebut disediakan dalam bentuk cairan dan pasta, dan urusan rasa tidak diprioritaskan. Lalu, pada tahun 1960-an makanan dan minuman untuk astronot yang dikemas dalam baki ditemukan. Bakinya dapat dilekatkan pada badan astronot agar tidak berterbangan. Kebanyakan, makanan ini dikeringkan dan harus ditambahkan air sebelum dimakan.
Sekarang ini, makanan dan minuman bagi para astronot sudah dibuat bervariasi seperti: Sup yang disediakan dalam tube, ikan dan daging kalengan, jus, kopi, teh, dll. Ada pula beberapa yang dihaluskan dan dikeringkan secara khusus, yang apabila ditambahkan air, akan kembali ke bentuk aslinya. Para astronot biasanya disuguhkan makanan 4 kali dalam sehari: Sarapan, sarapan kedua, makan siang, dan makan sore dengan jumlah kalori 3.200 perharinya.
Sesuai peraturan dan pengawasan diet seimbang dari dokter. Menunya: Sarapan pertama: daging panggang yg didinginkan, kentang, roti gandum, buah dan kopi. Sarapan kedua: keju, biscuit dan jus apel. Makan siang: ikan, sup sayur, roti, anggur, jus plum, dan prem. Makan sore: hamburger dengan telur, keju cottage dengan kacang-kacangan, roti gandum, permen dan teh. Namun, untuk masa sekarang ini, setiap anggota awak pesawat ruang angkasa telah diijinkan memilih apa yang ingin dimakan.
Setelah 60-80 hari di luar angkasa, banyak astronot merasa berkurang nafsu makannya dan rasa makanan berubah. Hal ini disebabkan perubahan dalam metabolisme dan perubahan yang terjadi dalam tubuh. Selain itu, mereka mengalami kebosanan dengan menu yg disuguhkan. Para peneliti masih menyelidiki dan mencari solusi akan hal ini. Dan setelah ditemukan cara mendaur ulang minuman dari air kencing dan air kotor tanpa menggunakan daya gravitasi sama sekali, para astronot mulai mengkonsumsi air minum dari air tersebut dan mulai mempergunakannya untuk kegiatan mereka sehari-hari di luar angkasa. Kata mereka, "hasil daur ulang air minuman tersebut jauh lebih baik daripada hasil daur ulang air minuman di bumi".

Ilmuwan Ciptakan Baterai Dari Kertas !

KERTAS suatu hari nanti bisa dijadikan sebagai baterai paling ringan. Materi ini lebih ringan dan memiliki penyimpanan energi yang lebih besar. Ilmuwan Universitas Stanford California melaporkan bahwa mereka telah berhasil mengubah kertas yang dilapisi tinta perak dan materi nano karbon menjadi sebuah baterai kertas. Materi ini lebih ringan dan memiliki penyimpanan energi yang lebih besar.
Studi sebelumnya menemukan bahwa nano silikon dapat membuat baterai 10 kali sama kuat dengan baterai lithium ion yang saat ini digunakan sebagai perangkat sumber listrik untuk komputer laptop.
"Mengambil keuntungan dari teknologi kertas yang sudah matang, penyimpanan energi biaya rendah dan peforma tinggi dapat dibuat dari kertas konduktif sebagai elektroda dan kolektor energi," ujar peneliti dalam Proseding Sains Akademi Nasional.
Tipe baterai ini juga bisa berguna untuk menghidupkan kendaraan listik atau hybrid, atau agar alat elektronik menjadi lebih ringan dan lebih tahan lama. Materi itu suatu saat juga bisa digunakan sebagai kertas elektronik.

Kunci Kaa'bah Laku di Lelang 9.2 Juta Pound!

KUNCI Kaabah berusia 1,200 tahun laku dijual Ð9.2 juta di London semalam.Satu kunci pintu Kaabah berusia 12 abad semalam berjaya dilelang pada harga sekaligus mencatatkan rekor sebagai hasil seni Islam paling mahal pernah dijual.
Kunci tersebut diperbuat daripada besi demgan ukuran 37 sentimeter panjang dilelangg di sebuah rumah lelangan di London,Britain.Harga kunci itu adalah 18 kali lebih tinggi daripada harga yang jangkaan awal dan dibeli oleh seorang pembida yang enggan dikenali.Kunci kepada tempat paling suci kepada umat Islam itu merupakan salah satu yang masih berada dalam simpanan peribadi.Kunci itu juga mempunyai ukiran yang tertulis:
"Kunci ini diperbuat untuk rumah suci Tuhan ketika era pemerintah kami Imam anak kepada Imam al-Muqtadi Abu Ja'far al-Mustansir Abu'l-Abbas 573 ?.

Jepang Tawarkan Bir Dari Luar Angkasa!

Perusahaan Jepang Sapporo Breweries menawarkan bir unik. Bir Space Barley itu menggunakan gandum di luar angkasa. Space barley yang digunakan untuk membuat bir ini adalah generasi keempat dan disimpan di ruang angkasa selama lima bulan pada 2006.
Proyek itu sebagai bagian dari penelitian kolaboratif dengan Rusia Academy of Sciences dan Okayama universitas dengan, tujuan untuk mencapai swasembada pangan di ruang angkasa. Sapporo hanya menyediakan 250 kotak, masing-masing dengan enam botol 330 ml. Bir itu dijual US$ 113 masing-masing, namun harus ikut lotre di halaman Barley Space untuk mendapatkannya.

Merebus Telur dengan HP (HandPhone)

Rabu, 26 Desember 2012


Asal Mula Perayaan Halloween!

UCAPAN ini tampaknya belum atau bahkan sama sekali tidak populer di negara kita. Tapi hampir semua orang tahu, Halloween adalah hari di mana semua orang (di Amerika tentunya) berdandan seram dan menghias rumah dengan berbagai macam hal seram. Salah satu benda yang selalu ditemui pada tanggal ini adalah adanya Jack O'Lantern, semacam hiasan yang dibentuk dari labu yang diisi dengan lilin atau lampu yang menyala. Labu tadi biasanya diukir dengan bentuk yang menyeramkan, sehingga pada saat malam tiba, Jack O'Lantern akan menyala dengan menyeramkan.
Selain Jack O'Lantern tadi, berbagai hiasan seram seperti kelelawar, tengkorak atau tulang belulang, sarang laba-laba, dan terkadang hiasan yang berbentuk seperti perlengkapan sihir seperti sapu terbang dan belanga tempat nenek sihir membuat berbagai obat atau racun sihir akan tampak di mana-mana. Bahkan tidak sedikit hiasan yang menampilkan Vampir atau peti mati ala Vampir nampak di berbagai rumah.
Sebenarnya apa sih yang terjadi sampai ada perayaan serba seram ini? Seperti ada sejarah di balik perayaan unik ini? Banyak teori yang berkembang mengenai Halloween ini, tapi teori yang paling banyak diterima adalah bahwa perayaan Halloween ini berasal dari perayaan bangsa Galia kuno yang disebut Samhain, yang secara kasar berarti "Akhir Musim Panas". Perayaan ini dipercaya sebagai berakhirnya "masa terang" (musim semi dan musim panas) dan dimulainya "masa gelap" (musim gugur dan musim dingin).
Bangsa Galia kuno percaya bahwa pada tanggal 31 Oktober, atau di hari Samhain tadi, batas antara dunia nyata dan dunia gaib akan sangat tipis, sehingga para penduduk dunia gaib dapat menyeberang ke alam kita. Pada perayaan Samhain, biasanya para penduduk Galia kuno akan mengadakan perayaan besar bagi nenek moyang mereka yang sudah lama meninggal dan "mengundang" mereka untuk duduk makan bersama, sedangkan arwah atau makhluk gaib yang jahat akan diusir dari kediaman mereka.
Untuk semakin mempersulit arwah atau makhluk gaib jahat menyebarkan pengaruh negatif di tengah mereka, maka para penduduk akan menggunakan topeng dengan wajah buruk atau berdandan seperti makhluk gaib jahat tadi, sehingga para makhluk gaib jahat tadi menganggap bahwa mereka tidak seharusnya diganggu dan membiarkan perayaan berjalan dengan meriah.
Dari tradisi dan kepercayaan inilah tradisi mengenakan kostum berkembang sampai sekarang, walaupun Halloween di dunia modern sekarang, kostum yang ada bukan lagi kostum seram, tapi berbagai kostum unik mulai dari binatang sampai tokoh superhero atau bahkan tokoh kartun. Kalau begitu, kenapa namanya berubah menjadi Halloween?
Ternyata nama Halloween ini berasal dari usaha Gereja pada masa itu untuk menghentikan penduduk merayakan hari perayaan Samhain yang dianggap bertentangan dengan perayaan Nasrani. Gereja mengadopsi perayaan Samhain menjadi Hari Para Orang Suci (All Hallows Evening), dengan harapan para penduduk Galia di masa itu akan meninggalkan perayaan yang dianggap tidak gerejawi.
Dari nama All Hallows Evening, penduduk menyingkatnya menjadi Hallow's Even, dan makin lama nama yang ada makin pendek sehingga menjadi Halloween. Uniknya, walaupun nama dan perayaannya menjadi perayaan gerejawi, Gereja tetap tidak dapat mengubah bentuk dan tradisi yang ada di dalam perayaan ini.
Lalu apa sih sebenarnya Jack O'Lantern? Jack O'Lantern ini merupakan legenda dari Irlandia. Legenda ini menceritakan mengenai seorang petani licik dan tangguh plus pelit yang berhasil menipu Iblis. Ia berhasil membuat iblis naik ke atas pohon dan kemudian mengukir bentuk Salib di batang pohon tadi, sehingga Iblis tidak bisa turun dengan mudah.
Pada saat kematiannya, Jack tidak diterima di Surga, karena kelicikan dan berbagai tindak buruk yang dia lakukan selama hidup, tapi Iblis juga menolak Jack untuk masuk Neraka karena marah pernah ditipu oleh Jack. Tapi akhirnya Iblis berbaik hati (atau makin jahat) dengan memberikan sebatang lilin untuk menemaninya berjalan-jalan dalam kegelapan, karena tidak dapat diterima di Surga ataupun Neraka.
Lilin tadi ditempatkan di dalam Turnip (sebangsa lobak). Para imigran dari Irlandia datang ke Amerika sambil terus mempertahankan tradisi ini, sayangnya, di Amerika tidak banyak ditemukan Turnip, sehingga mereka akhirnya memilih sayuran lain yang ada, dan bisa menggantikan Turnip. Pilihan akhirnya jatuh ke labu (pumpkin) yang lebih banyak dan mudah ditemui di Amerika. Dari sini lah, Jack O'Lantern dari labu kemudian menjadi terkenal di seluruh dunia.

Saudara Kembar Tapi Beda Jarak Lahir Sampai 5 Tahun

Kok bisa ya??
Gloucestershire, Inggris, Bayi kembar biasanya lahir hanya berjarak beberapa menit, tapi hal itu tidak berlaku bagi Reuben Blake dan adiknya Floren Blake. Mereka adalah saudara kembar namun berbeda waktu lahir hingga 5 tahun.
Reuben dan Floren Blake merupakan saudara kembar yang lahir dari batch embrio yang sama, yang dihasilkan dari perawatan IVF (In vitro fertilisation atau bayi tabung) dari sel sperma dan sel telur orangtuanya.
Tapi sementara embrio Reuben berhasil ditanamkan pada tahun 2006, embrio Floren yang berusia 7 minggu terus dibekukan hingga tahun lalu.
Kini kedua orangtua mereka, Jody dan Simon, merasakan sangat senang bisa berbagi cerita tentang perbedaan usia yang luar biasa di antara anak 'kembar' mereka.
"Saya memberitahu semua orang. Orang-orang tertarik melihat bayi kami yang baru lahir dan saya merasa sangat sulit untuk menahan godaan untuk mengatakan 'Omong-omong, mereka kembar lho,'," ujar Simon Blake (45 tahun), ayah si kembar Reuben dan Floren Blake yang bekerja sebagai dosen bisnis, seperti dilansir Dailymail, Kamis (5/1/2012).
Menurut Simon, setiap orang yang mendengar ceritanya merasa benar-benar kagum dan sangat terkejut.
"Saya pikir orang-orang benar-benar terkejut dan perlu beberapa menit untuk bisa kembali tersadar. Saya jelas telah hamil selama 9 bulan dengan lancar dan saya berpikir 'Kami mendapatkan kembaran Reuben, itu sangat istimewa'," jelas Jody (38 tahun), ibunda si kembar yang bekerja sebagai pekerja amal.
Jody dan Simon Blake memulai program perawatan kesuburan pada tahun 2005. Selama proses medis, lima embrio berhasil dihasilkan dan dua diantaranya telah ditanamkan dalam rahim Jody, yang berhasil melahirkan Reuben pada 9 Desember 2009.
Tiga embrio yang tersisa terus dibekukan oleh pasangan yang berasal dari Cheltenham, Gloucestershire ini, yang kemudian mereka memutuskan untuk mencoba memiliki anak lagi pada Maret tahun lalu.
Hanya satu embrio yang selamat dari proses pencairan dan 39 minggu kemudian Floren lahir ke dunia melalui operasi caesar.
Reuben sangat terpesona pada adiknya. Dia tahun bahwa adik perempuannya tersebut sudah lama ada di dalam mesin pendingin.
"Mereka terlihat sangat mirip. Reuben hanya versi lebih besar dari Floren ketika dia lahir, jadi pasti ada kemiripan secara fisik," jelas Jody.
Dokter yang menangani perawatan kesuburan keluarga Blake di Bristol Centre for Reproductive Medicine mengatakan keputusan untuk membekukan embrio IVF yang tersisa adalah cara aman untuk memiliki lebih dari satu anak.
"Kami sangat sering merekomendasikan untuk menyimpan kelebihan embrio, sehingga mereka dapat digunakan di kemudian hari. Sayangnya, karena kesempatan cara kerja alam, tidak semua orang dapat memiliki surplus embrio dan tentu saja tidak semua orang sukses dengan embrio yang mereka punya," jelas Dr Valentine Akande dari Bristol Centre for Reproductive Medicine. (mer/ir)
sumber: Detikhealth.com

Gawat, Amerika Serikat Waspadai Adanya Serangan Zombie!

Serem...
Pemerintah Amerika Serikat tengah memperingatkan warganya akan adanya serangan zombie atau mayat yang hidup kembali. Zombie pemakan otak manusia ini diduga dapat menyerang negeri Paman Sam setiap saat. Oleh karena itu, setiap warga harus bersiap menghadapi segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi.
Tapi bukankah zombie hanya ada di film-film horor? Mungkinkah itu salah satu senjata biologis yang akan digunakan untuk menguasai dunia namun malah bocor dan menyerang warganya sendiri? Tak perlu berpikiran yang tidak-tidak. Zombie memang hanya kisah rekaan semata. Pemerintah AS sengaja menyebarkan isu zombie ini sebagai bagian dari kampanye nasional.
Menurut Departemen Keamanan AS atau Department of Homeland Security, tindakan pencegahan seolah-olah akan menghadapi serangan zombie penting untuk menghadapi kemungkinan adanya bencana nasional. Dalam rangka menyambut Bulan Kesiapan Nasional atau National Preparedness Month, setiap warga diminta mempersiapkan segala hal yang mungkin terjadi ketika ada bencana.
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kampanye serangan zombie ini diluncurkan agar para masyarakat merasa terlibat dengan kampanye pemerintah. Hasilnya, isu zombie ini terbukti cukup efektif.
"Jika Anda secara umum sudah dipersiapkan menghadapi serangan zombie, maka Anda akan siap menghadapi pandemi, badai, gempa bumi atau serangan teroris," kata Dr Ali Khan, direktur Office of Public Health Preparedness and Response di AS seperti dilansir Medical Daily, Minggu (9/9/2012).
Apabila terjadi serangan zombie atau serangan lain yang lebih umum seperti bencana alam, CDC menjabarkan beberapa barang yang perlu disiapkan untuk bertahan hidup sampai menemukan tempat berlindung yang aman, yaitu:
  • Air (1 galon per orang per hari)
  • Makanan (persediaan makanan yang tahan lama untuk dimakan secara teratur)
  • Obat-obatan (termasuk obat-obatan resep dan non-resep)
  • Peralatan dan perlengkapan (pisau, lakban, radio bertenaga baterai, dll)
  • Sanitasi dan pembersih (sabun, handuk, sanitizer, tisu)
  • Pakaian dan perlengkapan tidur (pakaian ganti untuk setiap anggota keluarga dan selimut)
  • Dokumen penting (salinan SIM, paspor, dan akte kelahiran anggota keluarga)
  • Perlengkapan Pertolongan Pertama
CDC juga menyarankan warga AS membuat rencana tanggap darurat bersama keluarga, teman dan orang yang dicintai. Rencana ini berisi ke mana keluarga akan pergi jika terjadi bencana dan siapa yang akan dihubungi jika ada zombie muncul di pintu depan atau jika ada gempa, banjir, serta keadaan darurat lainnya.
Mengingat Indonesia juga merupakan negara rawan bencana karena berada dalam zona Ring of Fire, tak ada salahnya ide serupa diterapkan dalam rangka kampanye tanggap bencana, apalagi ditambah isu terorisme yang mulai marak. Bisa saja bukan zombie yang digunakan, melainkan kuntilanak atau pocong yang notabene merupakan produk lokal.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon