Selasa, 09 Agustus 2016

Inilah 12 Fakta Luar Biasa Dari Telur !

Inilah 12 Fakta Luar Biasa Dari Telur !

Pasti Anda sudah tak asing lagi dengan telur. Tapi tahukah Anda telur ternyata sangat luar biasa. Berikut selusin dari fakta tersebut.

1. Cangkang telur terbuat dari karbonasi kalsium, yang juga menjadi bahan antasida. Cangkang telur ini memiliki berat 9-12% berat telur, dan berisi pori-pori yang memungkinkan oksigen, karbon dioksida, dan uap keluar.

2. Menurut Iowa Egg Council, bahan utama putih telur adalah protein yang disebut albumen, dan juga berisi niacin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), magnesium, potassium, sodium, dan belerang. Putih telur berisi 57% protein telur.

3. Warna kuning telur ditentukan oleh makanan induk ayam.Semakin banyak pigmen kuning dan orange yang dimakan induk ayam, semakin jelas warnanya.

4. Warna lain dalam telur bervariasi dengan usia dan faktor lainnya. Menurut Egg Safety Center, putih telur yang berawan menunjukkan bahwa telur sangat segar. Putih telur jernih menunjukkan telur mulai menua, putih telur berwarna pink atau warna- warni berati telur rusak, dan telur ini tak boleh dikonsumsi.

5. Darah yang kadang terlihat dalam telur berasal dari pecahnya pembuluh darah kecil di kuning telur. Seperti dikutip dari lifelittlemysteries, hal ini tak berarti telur tak aman untuk dimakan.

6. Saat keluar, telur memiliki suhu sekitar 105 derajat Fahrenheit. Ketika dingin, cairan dalam telur berkontraksi, dan membentuk sel udara di antara dua lapisan ujung telur. Anda bisa melihat sel udara itu saat telur rebus dikupas.

7. Rata-rata induk ayam bisa menghasilkan 250-270 telur per tahun.

8. Telur putih disukai sebagian besar Amerika Serikat (AS), tapi telur cokelat lebih disukai di Inggris. Warna induk ayam mengindikasikan warna telurnya. Menurut American Egg Board, tak ada perbedaan signifikan antara warna telur.

9. Butuh waktu 24-26 jam bagi telur agar terbentuk di dalam induk ayam. Pertama, sel telur berkembang menjadi kuning di dalam ovarium. Pada ovulasi, folikel pecah, dan kuning telur dilepaskan ke dalam tabung yang disebut saluran telur. Pada perjalanannya melalui tabung ke rahim, albumen disimpan di sekitar kuning telur, dan kemudian membentuk membran di sekitar albumen. Cangkang terbentuk dalam rahim. Kemudian telur keluar, dan setelah sekitar 30 menit, proses bertelur bisa dilakukan lagi.

10. Sekitar 75 miliar telur diproduksi di AS tiap tahun, yaitu sekitar 10 % total telur dunia. Dari jumlah tersebut, 60 % digunakan untuk konsumsi, 9 % digunakan industri jasa makanan. Sisanya diproses dan digunakan untuk produk seperti mayones, marshmallow dan campuran kue. China merupakan pemasok telur terbesar, memproduksi sekitar 390 miliar telur tiap tahun, sekitar setengah pasokan dunia.

11. Kalkun juga bertelur, tapi Anda tak akan menemukan telur kalkun di toko. Kalkun butuh ruang untuk bersarang, sehingga mereka memiliki naluri keibuan kuat daripada ayam. Alhasil, mengambil telur mereka sulit dilakukan. Dinosaurus juga bertelur, dan terkadang ayah dinosaurus bertanggung jawab 'menduduki' mereka, menurut penelitian edisi Desember 2008 jurnal Science .

12. Bahkan, analisa sarang telur dinosaurus lain membantu memecahkan teka-teki kuno. Peneliti Canada melaporkan bahwa telur ada sebelum ayam, karena dinosaurus membentuk sarang dan bertelur jauh sebelum burung (termasuk ayam) ada yang merupakan hasil evolusi dari dinosaurus, menurut penelitian di jurnal Paleontologi 2008.

Selasa, 09 April 2013

Makhluk Apa Yang Paling Tua Saat Ini ?

Bagi kebanyakan makhluk hidup, hidup hanya sekilas. Pada lalat dewasa, mereka hanya hidup selama 30 menit saja. Rata-rata, manusia hidup selama 60-70 tahun, pemegang rekor saat ini adalah seorang perempuan berusia 122 tahun. Kura-kura Galapagos bisa mencapai usia 190 tahun, dan beberapa paus bisa mencapai sekitar 200 tahun. Tapi untuk tanaman, usia mereka bisa berkali lipat usia hewan.

Sering ditemui pohon hidup ratusan tahun, bahkan beberapa spesimen kuno hidup ribuan tahun. Menurut database online ekolog Christopher Earle, organisme hidup tertua adalah pinus bristlecone (Methuselah) yang tumbuh di tenggara Pegunungan Putih California. Jumlah cincin pohon ini menunjukkan Methuselah berusia 4.841 tahun. Pohon ini lebih tua dari kebanyakan peradaban manusia.

Methuselah bertunas pada Zaman Perunggu, sekitar dua ribu tahun sebelum Roma ditemukan, dan beberapa ratus tahun sebelum Mesir membangun Piramida Agung Giza. Menurut Dinas Kehutanan Amerika Serikat (AS), pohon seperti Methuselah mengalami pertumbuhan yang sangat lambat pada suhu dingin, hal ini membuat kayunya menjadi padat dan tahan penyakit. Para ilmuwan menunjukkan, pinus ini mengalami sedikit perubahan saat tumbuh dewasa, dan tak akan rusak oleh usia. Tentu saja, untuk sampai pada usia 4.841 butuh sedikit keberuntungan.

Sebelumnya, sebuah pinus berusia lebih dari 100 tahun lebih tua dari Methuselah ditemukan pada 1964 oleh peneliti di Nevada. Sayangnya, usia pohon ini (4.900 tahun) baru diketahui setelah pohon yang disebut "Prometheus" itu ditebang. Karenanya, Dinas Kehutanan merahasiakan lokasi Methuselah dari publik. Menurut database Earle, kemungkinan terdapat pinus bristlecone berusia lebih dari lima ribu tahun. Sayangnya, pohon itu tak mungkin diukur usianya karena pohon tua itu bisa kehilangan kulitnya.

Selain spesies pinus bristlecone, terdapat pohon lain yang melebihi usia pinus ini. Menurut ilmuwan Swedia, pohon cemara di provinsi Dalarna Swedia merupakan serangkaian klon genetik identik dari pohon cemara 9.550 tahun silam. Menurut Dinas Kehutanan, di Utah selatan terdapat sekelompok klon aspen getar berusia 80 ribu tahun, meski tak ada pohon individu yang bisa melewati usia 75 tahun.

Kamis, 04 April 2013

Menguak Asal-Usul Lambang Bendera Bajak Laut !

Kita sering melihat di TV kapal bajak laut umumnya menggunakan bendera dengan gambar tengkorak sebagai lambang kebesarannya. Sebenarnya apa maksud dan arti dari lambang tersebut, bagaimana pula sejarahnya? Bila dilihat dari sejarah pengibaran bendera ini, ada berbagai macam tujuan dan maksud bila sebuah kapal mengibarkan bendera tengkorak.

Jolly Roger, demikian nama bendera tersebut. Ada berbagai macam cerita mengenai asal muasal nama itu sendiri. Mungkin nama tersebut adalah plesetan lidah orang Inggris saat mendengar orang Perancis berbicara "Jollie Rouge" (Si Merah yang Cantik). Dulu gambar tengkorak dilukis pada bendera berwarna merah. Bendera ini juga digunakan para ksatria templar pada abad 13-14 untuk menandai kapal-kapal milik para ksatria templar. Hal ini karena para ksatria Templar percaya, bahwa kebangkitan jiwa mereka untuk tetap ikut bertempur akan dapat terus abadi dengan diwakili tengkorak dan dua ruas tulang lengan mereka.

Ada yang berpendapat, mungkin nama jolly roger diambil dari raja Sisilia yang pertama kali mengibarkan bendera tersebut untuk armada kapal templar pada tahun 1127, yaitu King Roger II. Pendapat lain, nama tersebut diambil dari plesetan lidah orang Inggris untuk menyebut "Ali Raja", seorang bajak laut asal Tamil.

Selain itu, ada beberapa pendapat lain mengenai asal mula nama jolly roger. Terdapat beberapa bentuk desain. Ada yang membuat gambar tengkorak dengan dua pedang bersilang, ada yang membuat gambar tengkorak tampak samping, juga gambar tengkorak dengan berbagai asesoris. Penggunaan bendera ini oleh para bajak laut adalah untuk memberikan isyarat kepada kapal calon mangsa untuk bersiap-siap.

Bendera yang kemudian dilukis dengan latar belakang hitam dimaksudkan agar kapal mangsa menyerah karena jika tidak menyerah, maka para bajak laut tidak mengenal ampun (no quarter, no mercy). Jika kapal mangsa bertahan, maka bendera hitam (black jack) diturunkan, digantikan bendera merah (red jack) yang artinya darah akan segera mengalir tanpa ampun.

Unit-unit militer juga mengibarkan bendera ini untuk melambangkan keberhasilan dan kemenangan dalam tugas, keberanian dalam menghadapi bahaya, serta ketabahan sampai akhir. Contoh, pada PD II unit-unit kapal selam Inggris dan Australia mengibarkan bendera tengkorak saat masuk pelabuhan sebagai tanda suksesnya sebuah misi serta keberanian dalam bertempur. Satuan Waffen SS divisi 33 (Tottenkopf) juga menggunakan lambang tengkorak ini. Dalam perang teluk, kapal-kapal perang Inggris yang telah menembakkan rudal tomahawk, yaitu HMS Trafalgar, HMS Triumph, HMS Turbulent kembali ke pangkalan dengan mengibarkan bendera tengkorak.

Untuk memaknai kibaran bendera tersebut, dapat diambil dari makna yang terdapat pada sejarah kapal yang mengibarkan. Salah satu yang bisa dipakai sebagai makna adalah pengibaran tersebut dilaksanakan oleh kapal-kapal yang kembali ke pangkalan dengan membawa keberhasilan atau kesuksesan pelaksanaan misi mereka. Misimisi tersebut merupakan misi yang menantang bahaya, penuh keberanian, serta bersifat heroic.

Hal tersebut seperti kibaran bendera tengkorak pada perang dunia II maupun saat perang Teluk. Kita juga sering melihat KRI Dewaruci mengibarkan bendera tersebut. Karena banyaknya pendapat yang berbeda, sehingga jika KRI Dewaruci terlihat mengibarkan bendera tengkorak, maka itu bisa bermakna kapal tersebut telah berhasil melaksanakan misi-misinya. Selama puluhan tahun melayari samudra-samudra ganas, berhadapan dengan badai dan keganasan alam yang lain dengan mengandalkan perlengkapan kapal yang dipertahankan berupa peralatan tradisional. Selama itu pula KRI Dewaruci telah berhasil melaksanakan tugas yang dibebankan.

Senin, 01 April 2013

Ternyata Tertawa Itu Bisa Menular !

PASTI kalian pernah mendengar ungkapan ini, "Tertawalah maka seluruh dunia akan ikut tertawa. " Ternyata ungkapan ini bukanlah isapan jempol belaka. Berdasarkan sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa tertawa memang benar-benar bisa menular. Otak akan merespons suara tawa dan menghubungkan otot-otot wajah sebagai persiapan untuk bergabung dengan ekspresi kegembiraan tersebut. Jika melihat orang tertawa atau membaca suatu cerita yang mendeskripsikan tentang tertawa, tanpa disadari seseorang akan ikut tersenyum atau tertawa. Jika menguap bisa menular, ternyata tertawa juga bisa menular.

Hal ini dibenarkan oleh Sophie Scott, seorang ilmuwan syaraf di University College London. Semua suara ini akan memicu respons di daerah premotor kortikal di otak yang menyiapkan otot di wajah untuk bergerak sesuai dengan suara yang didengar. "Respons akan jauh lebih tinggi dan lebih menular terhadap suara positif daripada suara negatif. Hal inilah yang memaksa seseorang ikut tersenyum ketika melihat atau mendengar orang lain tertawa," ungkap Scott.

Sabtu, 23 Maret 2013

Menakjubkan Rumah Pohon Terbuat Dari Kaca !

RUMAH pohon yang dibangun Tham & Videgard di Swedia ini semula menimbulkan ratusan komentar miring karena dianggap tidak mungkin dan merusak ekosistem burung. Kini rumah ini memukau banyak orang. Para arsitek berhasil membangun salah satu dari enam unit 'TreeHotel' yang hadir di kawasan 65 kilometer sebelah selatan lingkar Kutub Utara, Swedia. Kubus persegi empat meter ini terlihat sangat spektakuler dan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Kent Lindvall, pendiri TreeHotel ini mengatakan, "Rumah ini akan mencerminkan tampilan alam seperti pepohonan, burung, awan, matahari, dan semuanya. Hotel ini akan muncul 'tidak terlihat' di sekitar hutan." Seperti dikutip dari Designboom, Lindvall mengatakan bahwa rumah ini akan disertai film khusus yang dipasang di sekitar kaca agar dapat terlihat oleh burung. Unit-unit rumah ini akan dibangun dari kayu dan memiliki lantai pemanas listrik serta "sebuah toilet pembakaran yang ramah lingkungan".

Diperkirakan kawasan ini akan menjadi tempat peristirahatan yang "ramah lingkungan". Pemilik hotel ini berkata pada Designboom "Hutan ini adalah hutan tak tejamah dan kami ingin menjaganya seperti seharusnya. Kami memutuskan, contohnya, untuk tidak menawarkan mobil safari yang umum di sini," kata Selberg. "Sebagai gantinya, kami menawarkan alam liar."

Kamis, 21 Maret 2013

Tembok Pohon Raksasa Membelah Afrika!

JIKA China Kuno terkenal dengan tembok Raksasa yang dibangun untuk menahan serbuan kaum nomaden, Afrika berencana untuk menumbuhkan Tembok Hijau Raksasa. Pemimpin Afrika melakukan pertemuan di Chad untuk merumuskan ide menanam pohon yang membelah Afrika dari Senegal di Barat hingga Djibouti di timur.

Proyek Tembok Hijau Raksasa ini (The Great Green Wall) didukung oleh Uni Afrika dan bertujuan untuk menghentikan perluasan Gurun Sahara. Sabuk pohon itu akan memiliki lebar 15 km dan panjang 7,7 km. Inisiatif ini yang mulai diwacanakan lima tahun lalu, belum dimulai karena kekurangan dana dan beberapa ahli mengkhawatirkan pepohonan tersebut tidak akan dikelola secara tepat.

Wartawan BBC Tidiane Sy di Senegal mengatakan bahwa inisiatif tersebut didukung sepenuhnya oleh Presiden Senegal Abdoulaye Wade. Pemerintahannya telah membuat website yang didekasikan untuk Tembok Raksasa Hijau tersebut. Di pertemuan tigkat tinggi Kopenhagen tahun lalu, delegasi Senegal membuat presentasi untuk proyek tersebut. Dijelaskan bahwa tembok hijau tersebut akan melewati 11 negara dari timur ke barat.

Pohon tersebut harus "spesies tahan kekeringan" lebih disukai spesies asli dari wilayah yang ditanami. Website Tembok Hijau Raksasa menyodorkan 37 spesies yang cocok. Diharapkan dengan inisiatif ini pepohonan akan memperlambat erosi tanah, memperlambat kecepatan angin dan membantu penyerapan air ke dalam tanah untuk menghentikan perluasan padang pasir.

Selain itu dalam presentasi tersebut juga dikatakan bahwa kandungan tanah yang lebih kaya akan membantu masyarakat sepanjang Sahel yang tergantung kepada tanah untuk penggembalaan ternak dan petanian. Senegal mengatakan bahwa mereka telah menghabiskan US$ 2 juta untuk proyek itu dan masyarakatnya telah didorong untuk menanam pepohonan.

Rabu, 13 Maret 2013

Ternyata Lebah Mampu Deteksi Bom !



SEJAK lama lebah diperkirakan memiliki kemampuan yang sama hebatnya dengan anjing pelacak. Namun hal itu berlaku hanya jika mereka benar-benar dilatih untuk melakukannya. Kini, konsorsium perusahaan teknologi di Inggris merasa telah menemukan jawaban yang tepat. Hasil penelitian mereka menyebutkan, jenis lebah 'hotel' dapat diubah dari serangga biasa menjadi serangga pelacak yang sesungguhnya.

New Scientist, Rabu (24/3/2010) melansir, lebah memiliki kemampuan penciuman yang sangat baik dan bisa mencium keberadaan bom atau bahan peledak lainnya. Sayangnya, perlu waktu beberapa jam mengarahkan lebah untuk melaksanakan tugasnya. Itu sebabnya, perusahaan teknologi bio asal Inggris Inscentinel, bekerjasama dengan ML Electronics dan Realise Product Design mengembangkan sebuah gadget yang dapat melatih sekelompok lebah sekaligus, untuk menjadi serangga pelacak.

Setiap kelompok lebah diberi paparan berbagai bau yang berbeda, dan diberi penghargaan berupa tetesan sirup ketika mereka berhasil menemukan target yang tengah dicari. Selama beberapa jam, kelompok lebah-lebah tersebut belajar berasosiasi dengan penghargaan yang akan mereka dapat saat berhasil menemukan sumber bau. "Jika lebah mencium sesuatu, mereka sudah terlatih untuk mendeteksinya," kata Andrew Redman dari Realise.

Gerak refleks yang ditujukan lebah ini, atau yang disebut dengan refleks Pavlovian, dapat terdeteksi menggunakan sinar inframerah yang muncul pada kepala lebah. Sekali dilatih, mereka ditempatkan dalam sebuah pendeteksi bau bernama VASOR (Volatile Analysis by Specific Olfactory Recognition), yang mengelompokkan lebah dalam kompartemen individu. "Namun sebagaimana lebah pada umumnya, mereka biasanya hanya bisa menghabiskan waktu tak lebih dari dua hari untuk melakukan tugas pendeteksian. Setelah itu, mereka akan kembali kehidupan asal mereka di alam bebas dan sarang lebah," ujar Redman.

Senin, 11 Maret 2013

Inilah Tempat Terdingin di Dunia !



ILMUWAN telah mengidentifikasi tempat yang dipercayai sebagai yang paling dingin di dunia. Lokasi yang dikenal dengan nama Ridge A itu terletak 14.000 meter dan berlokasi di dataran tinggi Antartika. Saat musim dingin tempat itu memiliki rata-rata temperatur minus 70 derajat celcius dan sangat terpencil,sehingga diperkirakan belum ada manusia yang ke sana. Sebuah tim ilmuwan dari Amerika dan Australia mengidentifikasi Ridge A dari gambar satelit dan model klimatologi saat mencari lokasi observasi terbaik di dunia. Lokasi tersebut berada di teritorial antartika Australia, hampir 90 mil dari tempat observasi robot yang sudah lebih dulu ada.



Will Saunders, kepala studi mencatat bahwa selain suhu yang sangat rendah, lokasi tersebut memiliki kandungan air yang sangat rendah di udara. "Di sana begitu tenang dan hampir tidak ada angin bahkan cuaca," katanya. Kombinasi dari seluruh elemen tersebut menjadikan tempat itu sangat sempurna untuk pos observasi astronomi. "Gambar-gambar astronomi yang diambil dari Ridge A, paling tidak tiga kali lebih tajam dari tempat yang biasa digunakan para astronom," kata Saunders. Karena langit lebih gelap dan tidak berawan, berarti teleskop sederhana memiliki kekuatan yang sama dengan teleskop terbesar dimana pun di muka bumi. Para ilmuwan percaya jika teleskop yang diletakkan di lokasi tersebut dapat mendekati kualitas foto teleskop Hubble yang berada di luar angkasa. Saat ini tempat observasi terbaik di bumi terletak di atas sebuah gunung di Hawaii dan Chile.

Jumat, 01 Maret 2013

Unik Kucing Adopsi Bayi Tupai!



SEEKOR bayi tupai telah diadopsi oleh seekor kucing, dan telah menjadi sahabat baik dengan seekor anak kucing lainnya. Bayi tupai tersebut selalu berpelukan bersama ibunya Tita, hewan tersebut saat ini tinggal di Envigado,dekat Medellin, Colombia, menurut laporan The Sun, seperti dikutip ananova.com, Kamis (18/2/2010).

Kedua bayi tersebut menyusu pada Tita dan selalu berkeliling di sekitar rumah dan bahkan hewan tersebut sering berpelukan setiap saat. Tupai tersebut sebelumnya diselamatkan oleh Ruben Gaviria, ia menemukan hewan malang tersebut dalam keadaan terluka di taman. Kemudian ia merawat pengerat tersebut hingga akhirnya ia kembali sehat, dengan bantuan dari si induk kucing.

Rabu, 27 Februari 2013

Ternyata Pilihan Warna Tentukan Mood Seseorang!



APAKAH Anda tengah dalam mood atau suasana hati yang kurang begitu baik hari ini? Mungkin itu sebabnya Anda akan memilih warna kelam. Hasil studi terbaru menemukan bahwa pilihan warna berkaitan dengan suasana hati seseorang. Peter Whorwell dari University Hospital South Manchester menyebutkan, orang-orang yang tengah depresi dan merasa cemas akan cenderung memilih warna-warna gelap seperti abu-abu, sementara mereka yang tengah merasa bahagia akan senang dengan warna cerah seperti kuning. LiveSience, Selasa (16/2/2010) melansir, hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Medical Research Methodology ini sangat bermanfaat membantu dokter memperkirakan mood anak-anak dan pasien yang memiliki masalah berkomunikasi secara verbal.

"Ini adalah cara untuk mengukur tingkat kecemasan dan depresi yang dialami pasien yang kesulitan berkomunikasi. Yang menarik adalah, metode ini lebih efektif untuk mengetahui mood pasien ketimbang mengajukan pertanyaan," kata Whorwell. Untuk mengetahui keterkaitan mood dengan pilihan warna, Whorwell dan timnya membuat menciptakan roda warna bernama 'Manchester Color Wheel'. Roda tersebut terdiri dari beragam warna termasuk hitam, putih, abu-abu, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, cokelat dan merah jambu.

Kemudian roda itu diperlihatkan kepada dua kelompok. Yaitu kelompok yang terdiri dari 300 partisipan sehat dengan kondisi emosi stabil, tidak cemas ataupun depresi. Sementara kelompok kedua terdiri dari 220 partisipan yang tengah depresi dan cemas. Partisipan kemudian diminta menunjukkan warna yang paling menarik perhatian mereka, warna favorit, dan warna yang menggambarkan emosi mereka saat itu. Sebagian besar partisipan dari kedua kelompok menyebutkan warna kuning paling menarik perhatian mereka. Sementara biru, dipilih sebagai warna favorit kedu kelompok. Namun saat diminta memilih warna yang menggambarkan emosi mereka saat itu, pilihan partisipan dari kedua kelompok terbukti berbeda. Partisipan di kelompok pertama banyak memilih warna kuning. Sementara di kelompok kedua, dimana para partisipannya tengah mengalami depresi, cenderung memilih abu-abu. Whorwell dan timnya menyimpulkan, warna abu-abu menggambarkan kegelapan pikiran, kehidupan yang membosankan dan monoton, atau ketidaktertarikan dalam menjalani hidup. Sedang warna kuning, terang peneliti, berkaitan dengan kebahagiaan, keceriaan dan emosi positif.

Minggu, 24 Februari 2013

Mesjid Paling Unik dan Aneh di Dunia!



BENTUKNYA sederhana benar, namun jemaah sudah berdatangan dari penjuru desa sebelum waktu solat masuk. Mungkin kita tak percaya jika tidak melihat faktanya. Seorang yang tidak kaya, bahkan tergolong miskin, namun mampu membangun sebuah Masjid di Turki. Nama masjidnya pun paling aneh di dunia, yaitu "Shanke Yadem" (Anggap Saja Saya Sudah Makan). Sangat aneh bukan? Di balik masjid yang namanya paling aneh tersebut ada cerita yang sangat menarik dan mengandungi pelajaran yang sangat berharga bagi kita.



Ceritanya begini, Di sebuah kawasan Al-Fateh, di pinggiran kota Istanbul ada seorang yang wara' dan sangat sederhana, namanya Khairuddin Afandi. Setiap kali ke pasar dia tidak membeli apa-apa. Saat merasa lapar dan ingin makan atau membeli sesuatu, seperti buah, daging atau manisan, dia berkata pada dirinya: Anggap saja sudah makan yang dalam bahasa Turkinya "Shanke Yadem". Nah, apa yang dia lakukan setelah itu? Uang yang sepatutnya digunakan untuk membeli keperluan makanannya itu dimasukkan ke dalan kotak (tromol). Begitulah yang dia lakukan setiap bulan dan sepanjang tahun. Dia mampu menahan dirinya untuk tidak makan dan belanja kecuali sebatas menjaga kelangsungan hidupnya saja.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun Khairuddin Afandi konsisten dengan amal dan niatnya yang kuat untuk mewujudkan impiannya membangun sebuah masjid. Tanpa terasa, akhirnya Khairuddin Afandi mampu mengumpulkan dana untuk membangun sebuah masjid kecil di daerah tempat tinggalnya. Bentuknya pun sangat sederhana, sebuah pagar persegi empat, ditandai dengan dua menara di sebelah kiri dan kanannya, sedangkan di sebelah arah kiblat ditengahnya dibuat seperti mihrab. Akhirnya, Khairuddin berhasil mewujudkan cita-citanya yang amat mulia itu dan masyarakat di sekitarnyapun keheranan, bagaimana Khairuddin yang miskin itu di dalam dirinya tertanam sebuah cita-cita mulia, yakni membangun sebuah masjid dan berhasil dia wujudkan. Tidak banyak orang yang menyangka bahwa Khairudin ternyata orang yang sangat luar biasa dan banyak orang yang kaya yang tidak mampu berbuat kebaikan seperti Khairuddin Afandi.

Setelah masjid tersebut berdiri, masyarakat penasaran apa gerangan yang terjadi pada Khiruddin Afandi. Mereka bertanya bagaimana cerita seorang yang miskin berjaya membangun masjid. Setelah mereka mendengar cerita yang sangat menakjubkan itu, merekapun sepakat memberi namanya dengan: "Shanke yadem" (Anggap Saja Saya Sudah Makan). Subhanallah! Sekiranya orang-orang kaya dan memiliki penghasilan lebih dari kaum Muslimin di dunia ini berfikir seperti Khairuddin, berapa banyak dana yang akan terkumpul untuk kaum fakir miskin? Berapa banyak masjid, sekolah, rumah sakit dan fasilitas hidup lainnya yang dapat dibangun? Berapa banyak infra struktur yang dapat kita realisasikan, tanpa harus meminjam ke lembaga dan Negara yang memusuhi Islam dan umatnya? Jemaah yang melimpah, tanda keberkahan dan amal soleh dari harta yang halal dan bersih.

Jumat, 22 Februari 2013

Ilmuwan Temukan Hormon Wanita Pada Kenari !



ILMUWAN telah menemukan hormon wanita bernama progesteron pada tumbuhan kenari. Temuan ini sungguh mengejutkan karena memperjelas perbedaan yang selama ini ada pada tumbuhan dan hewan. Pasalnya, hingga sekarang ilmuwan berpikir hanya hewan saja yang bisa memproduksi progesteron. Hormon progesteron memiliki fungsi untuk menyiapkan rahim saat menghadapi masa kehamilan dan memeliharanya. Versi sintetis dari hormon ini, yaitu progestin, umumnya digunakan untuk pil pengatur kehamilan dan untuk pengobatan lainnya.

Guido F Pauli dan timnya dari American Chemical Society's Journal of Natural Products menyebutkan arti dari identifikasi progesteron yang tegas tidak dapat dilebih-lebihkan. "Peran bilogis progesteron pada mamalia telah dipelajari secara meluas. Namun pada tumbuhan, alasan kehadiran hormon ini masih kurang jelas," kata Pauli seperti dikutip dari LiveScience, Minggu (7/2/2010).

Anggota tim kemudian berspekulasi bahwa hormon tersebut, sama seperti hormon steroid lainnya, kemungkinan merupakan bioregulator kuno yang berevolusi miliaran tahun lalu, sebelum kemunculan tumbuhan dan hewan modern. Penemuan baru tersebut bisa saja mengubah pemahaman ilmiah mengenai evolusi dan fungsi progesteron pada makhluk hidup. Sebelumnya, para ilmuwan mengidentifikasi senyawa mirip progesteron yang terdapat pada tumbuhan dan menduga bahwa hormon itu sendiri dapat hadir pada tumbuhan. Dalam studinya Pauli menggunakan dua teknik laboratorium, yaitu resonansi magnetik nuklir dan spektroskopi massa untuk mendeteksi progesteron dalam daun tanaman kenari.

Senin, 18 Februari 2013

Minta Maaf Lebih "Ampuh" Lewat Telinga Kanan !



SERINGKALI Anda berbuat salah kepada seseorang dan mungkin berniat untuk meminta maaf kepada orang yang telah disakiti. Tapi banyak pertimbangan yang membuat orang terkadang sulit untuk meminta maaf.

Sejumlah peneliti dari University of Valencia, Spanyol akan membantu Anda mengatasi masalah sulitnya untuk meminta maaf. Mereka menyarankan, sebaiknya permintaan maaf dilakukan dengan cara mengungkapkannya melalui telinga kanan orang yang akan memberi maaf.

Telegraph, Selasa (2/2/2010) melansir, studi yang dilakukan para peneliti tersebut menunjukkan bahwa telinga kanan lebih mudah menerima suara ketimbang telinga kiri ketika seseorang dalam keadaan marah. Para peneliti melakukan penelitian, terhadap sekira 30 orang berusia muda. Ujicoba dilakukan dengan membangkitkan amarah ke30 pemuda tersebut dengan cara memaki atau membuatnya kesal dengan pernyataan-pernyataan yang menyudutkan. Ketika mencapai titik amarah, peneliti kemudian mengukur detak jantung, tekanan darah dan level hormon testosteron seluruh partisipan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dalam keadaan marah, telinga kanan akan lebih mudah menerima suara orang lain. Seluruh proses kerja di otak kiri lebih banyak dipengaruhi dari sumber suara di telinga kanan.

Sabtu, 16 Februari 2013

Ternyata Lebah Dapat Mengingat Wajah !



SIAPA bilang hewan kecil seperti Lebah tidak bisa mengenali wajah manusia? Sebuah penelitian oleh peneliti dari Australia dan Perancis membuktikannya. Dalam penelitian tersebut terungkap, kalau para lebah itu akan mengenali wajah manusia, selama wajah tersebut memiliki kecocokan bentuk dengan bunga, karena para Lebah tersebut akan mengenalnya demikian.

Uji coba tersebut memperlihatkan bahwa pada dasarnya lebah dapat diajarkan bagamaina mengenal pola, dan tekstur garis pada wajah manusia. Akan tetapi, para peneliti tersebut mengingatkan seperti yang dilansir Jurnal Science, Senin (1/2/2010), pengenalan wajah oleh lebah tersebut bukan berdasarkan personal. "Sangat menakjubkan bahwa otak seukuran microdot dari lebah jenis ini dapat mencapai analisis gambar," kata salah satu peneliti.

"Pendekatan untuk pengenalan wajah lewat lebah dapat terbukti bermanfaat dalam pengembangan sistem pengenalan wajah," tambahnya. Ini artinya, lebah dapat menggunakan strategi yang sama untuk mempelajari dan mengenali objek yang berbeda dalam lingkungan mereka. Selain itu, lebah dapat mempelajari pengaturan relatif fitur yang menciptakan wajah seperti pola, jelas peneliti.

Rabu, 13 Februari 2013

Ternyata Manusia Purba Bisa Amputasi!



KEMAJUAN medis manusia zaman batu disinyalir sudah canggih. Bukti operasi yang terpendam 7 ribu tahun memberi bukti nenek moyang pada zaman batu sangat cerdas. Ilmuwan menemukan masyarakat zaman awal Neolitik melakukan operasi dengan menggunakan batu api yang ditajamkan untuk mengamputasi lengan kiri seorang tua. Dan yang lebih mengagumkan lagi, mereka memastikan bahwa pasien diberikan anestesi, dan bagian tubuh yang dipotong dalam keadaan bersih, sementara lukanya dirawat dalam kondisi steril.

Ilmuwan menggali bukti operasi tersebut selama pembongkaran makam di Buthiers-Boulancourt, sekitar 40 mil dari Paris. Penemuan tersebut mengisyaratkan bahwa tingkat pengetahuan pada tahun 4900 SM dapat dihubungkan dengan sejarah operasi terhadap tubuh manusia. Ilmuwan baru-baru ini juga melaporkan bahwa ada dua amputasi Neolitik lainnya di Jerman dan Republik Ceko. Dilaporkan bahwa dokter di zaman batu melakukan trefinasi yakni memotong tulang, namun bukan amputasi.

Para petani awal Eropa juga memiliki kemampuan mengerjakan operasi rumit lainnya ujar Juru Bicara Institut Riset Arkeologis Nasional Perancis. Cecile Buquet-Marcon dan Anaick Samzun keduanya adalah arkeolog dan Philippe Chalier seorang ilmuwan forensik menemukan fakta operasi Neolitik tersebut ketika melakukan riset di sebuah makam seorang yang sangat tua. Pria tersebut yang hidup pada periode Linearbandkeramik di mana pada pemburu Eropa beralih ke pertanian, peternakan dan keramik. Kuburan itu sepanjang 6,5 kaki lebih besar daripada yang lainnya dan ada sebuah kapak, potongan batu api dan sisa hewan di mana bukti tersebut membuktikan ketinggian statusnya. Aspek yang paling menarik adalah hilangnya lengan kiri dan tulang tangan. Tes menunjukkan bahwa tulang tangan telah dipotong secara khusus dan sukses. Buquet Marcon mengatakan bahwa lelaki yang menjadi pasien tersebut adalah seorang pejuang yang cacat akibat terjatuh, serangan hewan atau pertarungan.

Kamis, 07 Februari 2013

Deteksi Kebohongan Lewat Tulisan Tangan!



SESEORANG mungkin saja berkelit saat melakukan kebohongan. Tapi, kini tak perlu khawatir untuk membuktikan seseorang melakukan kebohongan atau tidak. Pasalnya, para psikolog Israel menemukan cara baru untuk mendeteksi seseorang berbohong atau tidak, yaitu dengan menganalisa tulisan tangan. Tulisan tangan seseorang dianggap mampu mengetahui seseorang jika ia berbohong.

"Analisa tulisan tangan dapat membantu dalam metode untuk mendeteksi kebohongan dan dapat memberikan dimensi baru, karena tulisan bukanlah sebuah bentuk komunikasi verbal," kata peneliti Israel Gil Luria, seperti dilansir Times of India, Rabu (20/1/2010). Luria mengatakan, analisa dilakukan dengan meneliti tekanan alat tulis pada kertas dan kebohongan menurut Luria lebih banyak menggunakan aspek kognitif manusia. Seseorang harus membuat cerita untuk menciptakan kebohongan guna menjadikannya seolah benar, dan tentu saja kebohongan tersebut bertentangan diri dengan orang tersebut.

Peneliti juga menggunakan sensor pada sebuah meja yang mampu menilai tekanan tangan seseorang saat menulis di sebuah kertas. Hasil sensor tersebut itulah yang dijadikan patokan untuk menganalisa kebohongan. Peneliti menemukan hasil yang sangat signifikan dalam menganalisa tulisan tangan dan membandingkannnya dengan teknik pendeteksi kebohongan dengan menggunakan alat uji kebohongan.

Senin, 04 Februari 2013

Inilah Bolham Tertua di Dunia!



BOHLAM tertua di Dunia telah menyala hingga 109 tahun. Tidak heran muncul fans club yang beranggotakan ribuan orang dan bahkan Bohlam tersebut mempunyai website sendiri http://www.centennialbulb.org. Bohlam tersebut terpasang di Kantor Pemadam Kebakaran Fire Station 6, di Livermore, California Utara.



Bohlam berkekuatan 4 watt tersebut didesain oleh Adolphe Chaillet dan dinyalakan sejak tahun 1901 berarti usianya sekarang sekitar 109 Rahasia keawetan bohlam tersebut adalah pembuatannya dengan cara tradisional yang unik. Bohlam ini bahkan pernah ditawar seharga $ 5.000 tidak diberikan dengan alasan historisnya. Bahkan untuk memantau nyala lampu bohlam tersebut, sebuah CCTV terpasang selama 24 Karena keunikannya Bohlam tersebut mendapat penghargaan dari sebuah Asosiasi di Amerika. Pada setiap tahunnya diadakan perayaan rutin dengan mengadakan pesta BBQ dan live music di Kantor Pemadam Kebakaran untuk memperingati Bohlam tersebut.

Senin, 28 Januari 2013

Jembatan Unik Yang Hidup dan Tumbuh Dengan Sendirinya!



JEMBATAN merupakan salah satu hasil rekayasa infrastruktur untuk mempermudah transportasi manusia. Jembatan-jembatan dibangun di lokasi di atas sungai, lembah, atau laut yang memisahkannya. Tetapi, di suatu tempat di dunia ini, jembatan-jembatan yang menghubungkan sungai-sungai itu tidak dibangun, melainkan hidup dan tumbuh.



Di kedalaman India sebelah tenggara, di salah satu lokasi paling basah di muka bumi, jembatan-jembatan dibuat dengan cara yang sangat aneh dan unik. Tumbuh dari akar-akar pohon karet, orang-orang Khasis di Cherrapunjee menggunakan batang pohon pinang, membelahnya dan mengeluarkan isinya untuk membuat apa yang disebut "penunjuk akar". Saat dibentangkan dan mencapai sisi pinggir sungai lainnya, mereka mulai menyatukannya dengan akar-akar dari tanah. Dengan berjalannya waktu, jembatan yang kokoh dan hidup mulai terbentuk. Jembatan-jembatan akar itu beberapa di anatarnya mencapai 30 meter, membutuhkan waktu 10 hingga 15 tahun untuk bisa difungsikan penuh, dan menjadikannya sangat kokoh. Beberapa sanggup menahan beban hingga 50 orang sekaligus.

Salah satu struktur yang paling unik di Cherrapunjee dikenal dengan sebutan "Umshiang Double-Decker Root Bridge." Terdiri dari dua lapis jembatan, di atas dan dibawahnya. Karena jembatan-jembatan ini hidup dan masih terus tumbuh, membuatnya semakin kokoh saja. Beberapa jembatan akar yang tua sudah digunakan tiap hari oleh orang-orang desa di sekitar Cherrapunjee sejak lebih dari 500 tahun yang lalu.

Rabu, 23 Januari 2013

5 Gambar Ilusi Untuk Menguji Ketajaman Mata Anda!

1. Perhatikan Gambar di Bawah Sebuah Pilar Atau Kapal Belayar!



2. Perhatikan Sekitar Gambar Ada Berapakah Wajah Orang Pada Gambar Tersebut!



3. Perhatikan Gambar Berikut Ada 2 Atau 3 Pilar kah Pada Gambar di Bawah!



4. Perhatikan Gambar Berikut Ada Berapakah Orang Dalam Gambar. Bila Penglihatan Anda Tajam Sebetulnya Ada 5 Orang!



5. Perhatikan Ruangan Pada Gambar, Sebuah Pemandangan Asli Atau Sebuah gambar Lantai.


Rabu, 16 Januari 2013

Dimanakah Letak Telinga Kupu-Kupu Berada?



SEBUAH struktur mengagumkan pada telinga seekor kupu-kupu tropis yang secara potensial memungkinkannya membedakan nada tinggi dan rendah, diungkap oleh ilmuwan universitas Bristol, Inggris. Para ilmuwan tersebut percaya bahwa struktur tersebut dihubungkan dengan kemampuan mendeteksi pemangsanya, terutama burung.

Kupu-kupu Morpho biru Morpho peleides, di Amerika tengah, dan Amerika selatan, terkenal akan warna warni sayapnya, dan sekarang yang lebih mengagumkan justru, telinganya, yang berada pada sayap tersebut. Sebuah telinga sederhana, terdapat pada dasar sayap dan terlihat sepintas seperti karet yang teregang. Membran tympani, terletak di tengah, berdekatan langsung dengan organ sensorik dan berguna merubah gelombang suara menjadi sinyal yang diteruskan ke sel-sel syaraf. Dengan memakai laser, Katie lucas (pemimpin penelitian) menscan permukaan membran saat bekerja, dan menemukan, nada rendah hanya menimbulkan getaran pada bagian luar membran, sementara nada tinggi menimbulkan getaran pada seluruh membran. Struktur membran yang unik ini memungkinkan kupu-kupu membedakan nada rendah dan tinggi.
Dari rekaman didapatkan kupu-kupu lebih sensitif dengan nada rendah. pendengaran kupu-kupu ini tak biasanya sensitif membedakan nada rendah jika dibandingkan dengan insekta lain yang memiliki telinga yang mirip. Struktur ini memungkinkan kupu-kupu mampu mendengar dengan rentang nada yang luas, sehingga menurut kesimpulan Katie lucas dan koleganya, memungkinkan kupu-kupu mendengar burung. Tim berkesimpulan kesensitifan akan nada rendah ini membuat kupu-kupu ini bisa mendengar kepakan sayap burung. Sementara nada tinggi untuk mendengar kicauan burung. (Kathleen M. Lucas/The Journal of Experimental Biology/fer)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon