Senin, 08 Agustus 2016

JENIS JENIS TEKNOLOGI YANG SEDANG BERKEMBANG

JENIS JENIS TEKNOLOGI YANG SEDANG BERKEMBANG
        Teknologi Energi adalah teknologi yang terkait dengan bidang-bidang mulai dari sumber pembangkitan, penyimpanan, konversi energy dan pemanfaatannya untuk kebutuhan manusia. Sektor kebutuhan utama yang paling besar dalam jumlah untuk masa depan adalah sector kelistrikan dan sector transportasi. Dalam pembangkitan energy beberapa system pembangkitan yang telah digunakan untuk memenuhi kebutuhan energy didunia. beberapa system yang telah digunakan untuk memenuhi kebutuhan energy didunia adalah pembangkit listrik tenaga air(PLTA), pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), pembangkit litrik tenaga uap dan gas (PLTU, PLTG), pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP), pembangkit listrik tenaga angin/bayu(PLTB), pembangkit listrik tenaga gelombang laut (PLTGL), dan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

  
1.Energi yang dapat diperbaharui / Renewable Energy
JAM BERTENAGA AIR

      Energiterbaru adalah energy yang jika digunakan masih bias diperbaharui lagi atau tidak akan habis seperti angin , air , matahari . Energi terbaru sangatlah ramah lingkungan atau Go Green maka dari itu banyak orang yang telah menggunakan energy tersebut . Energi yang dapat diperbaharui tersebut juga tidak memberikan dampak pemanasan global.  



2.Energi Matahari / Surya / solar

TENAGA SURYA DAN ANGIN
  EnergiMatahari telah banyak digunakan untuk pengembangan potensi di daerah equator, dimana durasi matahari jauh lebih panjang dibandingkan dengan daerah sub tropis dimana teknologi ini ditemukan. Energi Matahari ini telah digunakan sebagai Pembangkit Listrik tenaga Surya (PLTS), pompa air tenaga surya, sular home system, solar light system dan lain-lain. 


3. Energi Angin / Wind Turbine /Wind Mill
  Energi Angin adalah energy masa mendatang yang tidak akan mungkin habis. Angin adalah energy murah yang tersedia dimana-mana siang maupun malam hari. 

4. Energi Sungai PLTMH / Micro Hydro Power
Tenaga Air memberikan listrik yang lebih konstatnt daripada energy angin maupun energy surya . Keluaran listriknya lebih bias diandalkan dan biasanya menghasilnya tegangan siap pakai.
  
5. Energi laut (Ombak/gelombang/Arus)
   Energi Laut yang akan mempunyai masa depan yang paling diandalkan terutama untuk Negara-negara kepulauan (Seperti Indonesia hehehe). Energi Laut terbagi dalam beberapa kategori yaitu : ombak pantai, gelombang laut, dan arus laut. 


6.Energi Bio Gas
PROSES BIOGAS

 Biogasadalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobic atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya kotoran manusia dan hewan , limbah domestik (rumah tangga ), sambah biodegradable atau setiap limbah organic yang biodegradable dalam kondisi aneorobik . Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik.

 7.Energi Bio Fuel 
    Biofuel adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organic. Ada tiga cara untuk pembuatan biofuel adalah pembakaran limbah organik kering (seperti buangan rumah tangga , limbah indrusti dan pertanian ). Fermentasi limbah basah (Seperti kotoran hewan ) tanpa oksigen untuk menghasilkan biogas (mengandung hingga 60 persen metana), atau fermentasi tebu atau jagung untuk menghasilkan alkohol dan ester dan energy dari hutan. 

8.Energi Fuel Cell / Sel Bahan Bakar 
    Fuel Cell atau Sel Bahan Bakar adalah sebuah alat elktrokimia yang mirip dengan baterai, tetapi berbeda karena Fuel Cell dirancang untuk dapat diisi terus reaktannya yang terkonsumsi, yaitu Fuel Cell memproduksi listrik dari penyediaan bahan bakar hydrogen dan oksigen dari luar. 

 9.Energi Sampah / PLTSA 
      Energi Sampah adalah energy yang tidak mungkin habis sepanjang masa, namun tidak termasuk energy yang dapat diperbaharui.  sampah dan mengambil energy panasnya lebih menguntungkan dibandingkan membuangnya ke TPA yang memakan biaya pengangkutan yang tidak dapat dikatakan murah. Panas yang dihasilkan  dari pembakaran sampah di Kota dapat menghasilkan listrik yang cukup besar untuk kepentingan masyrakat.

 10.Energi Nuklir / PLTN 
MOBIL BERTENAGA LISTRIK
    Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir adalah stasiun pembangkit listrik thermal dimana panas yang dihasilkan diperoleh dari suatu atau lebih reactor nuklir pembangkit listrik. Daya yang dibangkitkan per unit pembangkit berkisar dari 40 MWe. Unit baru yang sedang dibangun pada tahun 2005 mempunyai daya 600-1200 MWe. 

 11. Energi Bank / Battery Bank
ENERGI BATERAI

   Energybank adalah energy yang difungsikan sebagai energy penyimpanan energy . Battery juga merupakan media penyimpanan energy dalam bentuk listrik yang sangat praktis dan bisa dibawa kemana-kemana  dan ini sangat jelas lebih simple dan hemat tempat

Kumpulan Artikel

Rubrik ini adalah kumpulan artikel tentang energi yang di-upload oleh para member kami. Semoga bermanfaat bagi pengunjung yang ingin: mencari kumpulan referensi tentang energi, mengetahui seluk beluk tentang energi terbarukan secara khusus, mengaplikasikan energi terbarukan dilingkungannya. 
Teknologi energi adalah teknologi yang terkait dengan bidang-bidang mulai dari sumber, pembangkitan, penyimpanan, konversi -energi dan pemanfaatannya untuk kebutuhan manusia. Sektor kebutuhan utama yang paling besar dalam jumlah untuk massa mendatang adalah sektor kelistrikan dan sektor transportasi. Sumber energi dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Dalam pembangkitan energi beberapa sistem pembangkitan yang telah digunakan untk memenuhi kebutuhan energi didunia, seperti: pembangkit listrik tenaga air /PLTA, pembangkit listrik tenaga surya/PLTS, pembangkit listrik tenaga uap dan gas/PLTU,PLTG, pembangkit listrik panas bumi/PLTP, pembangkit listrik tenaga angin/bayu/PLTB, pembangkit listrik tenaga gelombang laut/PLTGL, dan pembangkit listrik tenaga nuklir/PLTN. Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.
  • ENERGI TERBARUKAN 
    Kumpulan artikel tentang Energi Terbarukan secara umum. Sumber energi dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Energi terbarukan adalah energi yang bila dipergunakan akan dapat dipergunakan terus menerus seperti angin, air, matahari. Energi ini tidak bisa habis dikonsumsi oleh manusia sejagad sepanjang masa. Energi terbarukan lebih identik dengan energi ramah lingkungan atau "green energy". Energi ini juga tidak memberikan dampak pemanasan global karena telah eksis sejak jutaan tahun silam dan berada dalam keseimbangan alami.
     
     
  • ENERGI MATAHARI
    Kumpulan artikel artikel menarik tentang energi matahari. Pembangkit listrik tenaga surya, pompa air tenaga surya, solar home system, solar light system, dan banyak aplikasi kelistrikan yang mempergunakan tanaga dari matahari. Sangat berpotensi dikembangkan didaerah equator, dimana durasi matahari jauh lebih panjang dibandingkan dengan daerah sub tropis dimana teknologi ini ditemukan.
     
     
  • ENERGI ANGIN
    Kumpulan artikel artkel menarik tentang energi angin dari berbagai sumber. Wind turbine adalah energi masa depan yang tidak mungkin habis. Semakin kacau ekosistem maka keberadaan angin akan semakin berlimpah. Angin adalah energi murah yang tersedia dimana mana siang maupun malam hari.
     
     
  • ENERGI AIR
    Kumpulan artikel artikel tentang energi air atau ya ng sering disebut sebagai hydro power plant (pico hydro,micro hydro, mini hydro). Tenaga air memberikan listrik yang lebih konstant daripada energi angin maupun energi surya. Keluaran listriknya lebih bisa diandalkan dan biasanya menghasilkan tegangan siap pakai.
     
     
  • ENERGI SUNGAI / WADUK / BENDUNGAN
    Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah pembangkit listrik yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Energi listrik yang dibangkitkan dari ini biasa disebut sebagai hidroelektrik. PLTA lebih diidentikkan dengan pembangkit lisrtik skala sebesar waduk atau dam seperti Waduk Saguling, Waduk Cirata dll.Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air.
     
     
  • ENERGI LAUT ATAU OMBAK
    Kumpulan artikel mengenai pembangkit listrik tenaga ombak. Energi ini adalah yang akan mempunyai masa depan yang paling diandalkan terutama untuk negara negara kepulauan. Terbagi dalam beberapa sub kategori: ombak pantai, gelombang laut, dan arus laut.
     
     
  • ENERGI BIO GAS
    Biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sambah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida.Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik. Dari Wikipedia bahasa indonesia
     
     
  • ENERGI BIOFUEL
    Biofuel adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik atau pertanian. Ada tiga cara untuk pembuatan biofuel: pembakaran limbah organik kering (seperti buangan rumah tangga, limbah industri dan pertanian); fermentasi limbah basah (seperti kotoran hewan) tanpa oksigen untuk menghasilkan biogas (mengandung hingga 60 persen metana), atau fermentasi tebu atau jagung untuk menghasilkan alkohol dan ester; dan energi dari hutan (menghasilkan kayu dari tanaman yang cepat tumbuh sebagai bahan bakar).
     
     
  • ENERGI FUEL CELL / SEL BAHAN BAKAR
    Fuel Cell atau Sel Bahan Bakar adalah sebuah alat elektrokimia yang mirip dengan baterai, tetapi berbeda karena dia dirancang untuk dapat diisi terus reaktannya yang terkonsumsi; yaiut dia memproduksi listrik dari penyediaan bahan bakar hidrogen dan oksigen dari luar. Hal ini berbeda dengan energi internal dari baterai. Sebagai tambahan, elektroda dalam baterai beraksi dan berganti pada saat baterai diisi atau dibuang energinya, sedangkan elektroda sel bahan bakar adalah katalitik dan relatif stabil. Dari Wikipedia bahasa indonesia.
     
     
  • ENERGI SAMPAH
    Energi sampah tidak termasuk kedalam kelompok energi terbarukan. Namun ini adalah energi yang tidak mungkin habis sepanjang masa. Bahkan cenderung meningkat dan menjadi masalah kehidupan modern. Sebelum sampah musnah dengan sendirinya maka akan menimbulkan polusi dan penyakit. Membakar sampah dan mengambil energi panasnya lebih menguntungkan dibandingkan membuangnya ke TPA yang memakan biaya pengangkutan yang tidak dapat dikatakan murah. Panas yang dihasilkan dari pembakaran sampah di kota dapat menghasilkan listrik yang cukup besar untuk kepentingan masyarakat.
     
     
  • ENERGI NUKLIR
    Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) adalah stasiun pembangkit listrik thermal di mana panas yang dihasilkan diperoleh dari satu atau lebih reaktor nuklir pembangkit listrik. PLTN termasuk dalam pembangkit daya base load, yang dapat bekerja dengan baik ketika daya keluarannya konstan (meskipun boiling water reactor dapat turun hingga setengah dayanya ketika malam hari). Daya yang dibangkitkan per unit pembangkit berkisar dari 40 MWe hingga 1000 MWe. Unit baru yang sedang dibangun pada tahun 2005 mempunyai daya 600-1200 MWe.
     
     
  • ENERGY BANK / BANK ENERGI
    Energy Bank dapat diartikan sebagai media penyimpanan energi. Salah satu bank energi yang paling besar adalah bendungan, energi yang disimpan dalam bentuk air. Battery juga merupakan media peyimpanan energi dalam bentuk listrik yang sangat praktis dan bisa dibawa kemana2. Battery diaplikasikan pada berbagai kebutuhan sehari2 seperti jam tangan, handphone, mainan anak2, mobil, pesawat terbang, kapal laut, hingga battery bank untuk energi terbarukan yang dapat men-supply kebutuhan sebuah rumah atau gedung bahkan sebuah desa.
     
     
  • ENERGI LAIN
    Batapa banyaknya energi yang dapat dipanen dari berbagai sumber alam. Sumber daya energi bergeser seiring dengan berjalannya waktu. Kumpulan artikel artikel menarik tentang berbagai energi lainnya seperti energi nuklir, energi panas bumi, energi bio-fuel, dll
     
     
  • PENGHEMATAN ENERGI
  • Kelangkaan pasokan listrik memaksa PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) kerap melakukan pemadaman. Sektor usaha yang paling rentan terkena dampaknya adalah usaha kecil dan menengah (UKM). Pemberitahuan sebelum pemadaman akan sangat membantu, karena dengan demikian, UKM dapat melakukan penyesuaian antara waktu dan produksinya, katanya. Pemadaman harus dengan pemberitahuan, sehingga mereka bisa menyesuaikan waktu berproduksi. Karena, kalau UKM mengurangi produksi, mereka akan sangat dirugikan, dan masih ada dampak lanjutannya yang akan mereka terima.
     
     
  • PEMANASAN GLOBAL
    Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. Sebagian besar energi tersebut berbentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini tiba permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini berwujud radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat. Dari Wikipedia bahasa Indonesia
     
Di samping menghasilkan listrik, energi geotermal juga bisa digunakan untuk pompa pemanas, alat mandi, pemanas ruangan, rumah kaca untuk tanaman, dan proses-proses industri.
Tabel di bawah mendaftarkan lima negara yang paling banyak menghasilkan listrik menggunakan energigeothermal:
  1. Amerika Serikat      3,092 MWe
  2. Filipina      1,904 MWe
  3. Indonesia      1,197 MWe
  4. Meksiko        958 MWe
  5. Italia        843 MWe
MWe = megawatt electrical
Sumber: International Geothermal Association
Di beberapa tahun terakhir, pasar untuk tenaga geothermal meningkat tajam, terutama di pasar-pasar negara berkembang karena - akibat pertumbuhan ekonomi - semakin banyak komunitas-komunitas di pedesaan berpenghasilan rendah yang mendapat akses ke jaringan listrik. Banyak pemerintah juga makin meningkatkan fokus untuk mengurangi kebergantungan pada bahan bakar fosil yang mahal dan tidak ramah lingkungan.
Indonesia adalah salah satu dari negara-negara berkembang ini yang meghadapi perningkatan permintaan listrik sebanyak 10% setiap tahunnya (terutama di pulau-pulau di luar Jawa) dan karena itu negara ini membutuhkan tambahan kapasitas untuk menghasilkan listrik sekitar 6 Giga Watt per tahun. Rasio kelistrikan Indonesia - yaitu persentase rumah tangga Indonesia yang terhubung dengan jaringan listrik - sekitar 80,38% pada akhir 2013, mengimplikasikan bahwa masih ada sekitar 50 juta penduduk Indonesia yang tidak memiliki akses listrik. Pemerintah Indonesia memiliki harapan-harapan tinggi untuk energigeothermal. Indonesia memiliki cadangan-cadangan geothermal terbesar di dunia, karena itu Pemerintah bertujuan meningkatkan peran energi geothermal sebagai penghasil listrik. Karena permintaan energi meningkat tajam di Indonesia (negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara) - karena pertambahan penduduk dikombinasikan dengan ekspansi struktural ekonomi menyebabkan semakin bertambahnya jumlah kalangan menengah dan juga pertumbuhan industrialisasi dan investasi-investasi baru - Pemerintah, baru-baru ini, telah melakukan usaha-usaha untuk mempermudah investasi dalam ekspansigeothermal setelah selama ini cenderung mengabaikan sektor ini. Di masa lalu keadaannya terbalik, pemerintah bergantung pada batu baragas bumi, dan minyak mentah untuk menjadi bahan bakar pembangkit-pembangkit listrik. Sejalan dengan masa lalu ini, pemerintah juga telah mengabaikan potensi sumber-sumber energi terbarukan yang lain (seperti energi hidroelektrik, tenaga surya, biofuel dan biomass). Pihak swasta juga kurang berminat untuk berinvesatasi di sumber-sumber energi terbarukan di Indonesia karena iklim investasi negara ini yang rumit (birokrasi yang buruk, korupsi, kurangnya infrastruktur yang layak, dan kurangnya kepastian hukum). Terlebih lagi, berlimpahnya batu bara yang murah di Indonesia membuat investasi dalam energi yang terbarukan kurang menarik.

ENERGI GEOTHERMAL DI INDONESIA

Produksi dan Konsumsi Energi Geothermal
Sekitar 40% cadangan energi geothermal dunia terletak di bawah tanah Indonesia, maka negara ini diperkirakan memiliki cadangan-cadangan energi geotermal terbesar di dunia dan karena itu memiliki potensi tinggi untuk sumber energi terbarukan. Namun, sebagian besar dari potensi ini belum digunakan. Saat ini, Indonesia hanya menggunakan 4-5% dari kapasitas geothermalnya.
Faktor utama yang menghalangi investasi pengembangan geothermal di Indonesia adalah hukum di Indonesia sendiri. Dulu aktivitas geothermal didefinisikan sebagai aktivitas pertambangan (Undang-Undang No. 27/2003) yang mengimplikasikan bahwa hal ini dilarang untuk dilaksanakan di wilayah hutan lindung dan area konservasi (Undang-Undang No. 41/1999), walaupun faktanya aktivitas-aktivitas tambang geothermal hanya memberikan dampak kecil pada lingkungan (dibandingkan aktivitas-aktivitas pertambangan yang lain). Namun, sekitar 80% dari cadangan geothermal Indonesia terletak di hutan lindung dan area konservasi, oleh karena itu mustahil untuk memanfaatkan potensi ini. Pada Agustus 2014, waktu periode kedua administrasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hampir selesai, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Indonesia mengesahkan Undang-Undang Geothermal No. 21/2014 (menggantikan Undang-Undang No. 27/2003) yang memisahkan geotermal dari aktivitas-aktivitas pertambangan yang lain dan karena itu membuka jalan untuk eksplorasi geothermal di wilayah hutan lindung dan area konservasi. Pengesahan Undang-Undang ini adalah gebrakan yang penting. Namun, pada saat tulisan ini dibuat (Desember 2014), Undang-Undang baru ini masih perlu diatur pelaksanaannya dengan peraturan-peraturan kementerian yang lain.
Pemerintah Indonesia juga telah melaksanakan berbagai upaya lain untuk membuat investasi energi panas bumi lebih menarik. Geothermal Fund Facility (GFF) menyediakan dukungan untuk memitigasi resiko-resiko dan menyediakan informasi mengenai biaya pengembangan awal geothermal yang relatif tinggi.
Halangan lain di Indonesia adalah tarif listrik yang tidak kompetitif. Melalui subsidi pemerintah, tarif listrik menjadi murah. Selain itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) memiliki monopoli distribusi listrik di Indonesia dan karena itu energi listrik dari produsen-produsen independen harus dijual kepada PLN. Namun, di Juni 2014, Pemerintah Indonesia mengumumkan akan membuat harga pembelian (dibayar oleh PLN) menjadi lebih menarik melalui kebijakan tarif feed-in yang baru.
Terakhir, eksplorasi geothermal di Indonesia dihalangi oleh keadaan infrastruktur yang buruk di wilayah-wilayah terpencil, perlawanan masyarakat lokal pada proyek-proyek ini, dan juga birokrasi yang buruk (prosedur perizinan yang panjang dan mahal yang melibatkan pemerintah pusat provinsi, dan kabupaten).
Cadangan energi panas bumi yang terbesar terletak di wilayah barat Indonesia dimana ada permintaan energi yang paling tinggi: Sumatra, Jawa dan Bali. Sulawesi Utara adalah provinsi yang paling maju dalam penggunaan geotermal untuk energi listrik: sekitar 40% dari pasokan listriknya didapat dari energigeothermal.
Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal Sarulla di Sumatra Utara
Diperlukan waktu lebih dari dua dekade untuk memulai pembangunan Pembangkit Listrik TenagaGeothermal Sarulla di Sumatra Utara (Kabupaten Tapanuli Utara) yang didesain untuk menjadi pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di dunia dengan total kapasitas bersih 330 Mega Watt yang terjamin untuk periode 30 tahun (cukup untuk menyediakan listrik pada 330.000 rumah). Setelah tertunda karena birokrasi yang buruk dan kurangnya sumber pembiayaan, proses pembangunan proyek ini (yang membutuhkan investasi 1,6 milyar dollar AS) akhirnya mulai dilaksanakan pada Juni 2014. Pembangkit listrik ini direncanakan untuk mulai beroperasi pada 2016 dan akan beroperasi penuh di 2018. Total biaya 1,17 milyar dollar AS dikumpulkan melalui pinjaman-pinjaman dari enam peminjam komersil (Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd, ING Bank NV, Societe Generale, Sumitomo Mitsui Banking Corportation, Mizuho Bank Ltd dan National Australia Bank), serta Asian Development Bank (ADB) dan Japan Bank for International Cooperation (JBIC). Proyek Sarulla dipimpin oleh konsorsium yang terdiri dari Medco Power Indonesia (37.5%), Itochu Corporation (25%), Kyushu Electric Power Company (25%) dan Ormat International (12.5%).
Pembangkit Listrik Sarulla akan menggantikan Pembangkit Listrik Panas Bumi Wayang Windu (milik Star Energy) sebagai pembangkit listrik tenaga geotermal terbesar di Indonesia. Pembangkit Listrik Wayang Windu, terletak di wilayah selatan Bandung (Jawa Barat), memiliki kapasitas total 227 Mega Watt.
Pengembangan Pembangkit Listrik Panas Bumi Sarulla adalah langkah penting untuk meningkatkan peran sumber energi terbarukan dalam memenuhi kebutuhan listrik negara, untuk menggunakan potensi tenagageothermal yang luar biasa besar, dan untuk memenuhi permintaan energi yang terus meningkat dari negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon