Minggu, 07 Agustus 2016

Smartphone dengan RAM 6GB, Mengesankan atau Lebay?

Smartphone dengan RAM 6GB, Mengesankan atau Lebay?

Setelah tahun lalu Asus Zenfone 2 menggebrak pasar smartphone dengan RAM 4GB, smartphone dengan RAM besar akan menjadi tren di tahun ini. Seperti yang Jaka singgung di artikel 7 Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2016, tahun ini smartphone dengan RAM 4GB akan banyak diadaptasi oleh berbagai vendor.
Belum juga banyak vendor yang mengadaptasi RAM 4GB, Vivo membuat terobosan dengan menghadirkan Vivo XPlay 5 Elite yang menjadi smartphone pertama dengan RAM 6GB! RAM 6GB pada smartphone ini mengesankan atau malah terlihat lebay ya?

Android dan Manajemen RAM

Google sebagai pengembang platform Android selalu berusaha untuk memperbaiki platform besutannya agar bisa membuat nyaman penggunanya. Salah satu masalah sistem operasi Android adalah manajemen RAM yang kurang baik. Yang mana akibat penggunaan program Java pada SDK-nya, membuat Android banyak menumpuk sampah atau cache dari aplikasi. Itulah yang membuat performa iPhone dengan RAM 1GB bisa sebaik Android dengan RAM 3GB.

RAM 6GB, Makin Apik atau Cuma Gimmick?

Sebagaimana arsitektur 32-bit dan 64-bit pada komputer, arsitektur prosesor yang digunakan pada suatu smartphone pun menentukan batasan RAM yang bisa digunakan pada smartphone. Smartphone Android yang menggunakan prosesor dengan arsitektur 32-bit tidak akan bisa memaksimalkan kinerja RAM 6GB, karena maksimal RAM yang didukung adalah hingga 3GB.
perlukah ram 6gb pada smartphone (2)
Lalu, apakah smartphone dengan arsitektur 64-bit bisa memaksimalkan RAM 6GB? Secara teknis, iya. Tapi bukan itu saja yang menjadi pertimbangan, karena kinerja RAM juga ditentukan oleh dasar arsitektur dari platform Android yang digunakan oleh smartphone tersebut.
perlukah-ram-6g-pada-smartphone
Jadi, jika Vivo XPlay 5 Elite yang ditenagai RAM 6GB telah didukung arsitektur prosesor 64-bit serta menggunakan platform Android 64-bit, maka sudah pasti menjanjikan kinerja maksimal. Sementara jika Vivo XPlay 5 hanya didampingi platform Android 32-bit, maka RAM 6GB yang dibawanya hanya akan menjadi gimmick.
perlukah-ram-6g-pada-smartphone-2
Jika melihat hasil benchmark Vivo XPlay 5 Elite yang beredar, besar kemungkinan memang smartphone pertama dengan RAM 6GB ini menggunakan arsitektur platform Android 64-bit. Sudah tahu skor benchmark yang dihasilkan oleh Vivo XPLay 5 Elite, belum?
79cfdb5b-a10f-469a-92f6-2bf0931f816d_43

Cara Mengetahui Arsitektur Platform Android

Nah, apakah smartphone Android kamu menggunakan RAM 4GB? Jika iya, coba cek apakah Android milikmu sudah menggunakan arsitektur 64-bit atau belum. Jika ternyata masih menggunakan arsitektur 32-bit, maka RAM 4GB yang dibawa smartphone kamu hanyalah sebatas gimmick.
Bagaimana cara mengetahui arsitektur platform Android di smartphone? Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi AnTutu Benchmark.

Jika melihat aplikasi-aplikasi Android yang ada sekarang, rasanya belum ada yang membutuhkan dukungan RAM hingga 6GB. Tapi bisa jadi ke depannya akan dibutuhkan jika ada game yang grafis dan jalan ceritanya setara PC. Gimana menurut kamu, smartphone dengan RAM 6GB ini mengesankan atau malah lebay?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon